LATEST NEWS

[10]

Persaingan Senbatsu Ke-6 JKT48

JKT48 all member

"Loyalitas Fans, Momentum Penting dan Hal Kecil Berharga Besar"

========================================================================
Sebelum membahas sesuatu yang sangat panjang plus lebar...Saya akan prolog bentar nih, ada teman yang baru tahu blog ala kadarnya ini gw yang buat dan nanya beberapa pertanyaan?..
Fren     : Eh lu suka ya JKT48?... 
Gw       : "Wah gawat nih, kartu mati gw kebuka ni", Gw jawab."Iya dikit"
Fren    : Eh, srius lu..
Gw     : " Perasaan dah mulai gak enak ni, karena takut jadi selebriti dadakan, jadi diam aja"..(Lalu apa katanya kemudian.. )
Fren   : Eh Gw juga tuh, jangan bilang-bilang si XYZ ya, bahaya entarnya....(Toeeeeng..gubrak. Ternyata dia malah lebih parah dr gw...hhah)
Gw      : Oh gtu ya.. aku gak suka JKT koq, cuma pengen njebak lu aja...kwakak
Fren     : Jangan gtu donk,.. Kita sama kan...entar gw balenin makan sebulan deh...
Gw      : "bagus donk**"... okeh-okeh sebulan ya....
"cut"    : dan setelah panjang lebar diajak ngomong.....bla..bla...glutak, bring. duk..xyategdhru.. "lanjut"
Fren   : Ngomong", koq di blog ente kagak pernah ngebahas si Nabilah yah?.. "Oh ternyata dia fansnya si Abil nih"...
Gw     : Wah.. Cari aja tuh pasti gak ada judulnya...hahah, tetapi percaya lah nama si "Abil" tuh paling banyak tersebar di blog ala kadarnya ini...."cut again"

Sebenarnya gak ada yang penting dari percakapan ini, tetapi kenapa saya gak pernah membuat tema si Abil secara khusus adalah, seperti kata si Nabilah sendiri bahwa dia masih anak-anak berdasarkan usianya, meskipun kadang dia harus bersifat dewasa juga untuk alasan profesional. Jadi dilarang membahas anak-anak, biarkan dia berkembang sebagai anak-anak, karena masa anak-anak hanya sebentar...setuju.
========================================================================

Kita Mulai yah.... "(^_^)'
 
Kemarin ada teman yang meminta pendapat mengenai pemilihan senbatu single ke-6. Entah catatan ini akan memuaskan anda atau tidak, tetapi saya juga gak terlalu peduli sih.....hahha. Seperti biasanya, saya selalu membahas apapun dengan diawali dengan sebuah kata sakti "berpikirlah dengan bebas dan rileks",  jadi baca saja lah ya... haha

Ternyata memang capek ya kalo melakukan sesuatu itu jika dimulai dengan kata "permintaan...hahha"... Sorry, bagi yang kurang se-paham . Ini hanya sekadar joke aja, maklum untuk menyegarkan hati yang pusing... waaah emang hati bisa pusing yah... salah deh... kepala yang puyeng klo gtu.....hahahhah

Oh iya, saya rasa, saya tidak mungkin membahas seluruh member JKT48 yang jumlahnya 40, belum lagi finalis generasi 3, bisa 3 bulan baru selesai membahasnya. Maka saya hanya akan membahas beberapa member yang mampu saya pahami atau member yang terlihat memiliki "sesuatu tahun ini" yaa...hahaah.

Point pertama adalah bahwa Semua member yang punya fans loyal di (follower twitter/facebook/G+), meskipun follower-nya sedikit, maka dampaknya bisa berbalik 180 derajat saat pemilihan senbatsu seperti sekarang ini. "Sudah terbukti".

Misalnya, Nabilah punya fans twitter 1 juta lebih. Namun karena kemungkinan sebagian besar fans Nabilah bukanlah fans JKT48 saja, tetapi termasuk juga masyarakat umum yang menyukainya. Bisa saja fans OVJ, fans Pas-Mantab dan masyarakat umum lainnya.

Maka, apakah semua fans Nabilah itu selalu membantu Nabilah dalam pemilihan senbatsu?... Belum tentu, terbukti tahun kemarin dalam pemilihan member kalender senbatsu 2014, Nabilah tidak di menempati posisi pertama dengan jumlah voting terbesar. Melainkan HarukaN yang mendapatkan voting terbesar.

"Intinya adalah loyalitas dan momentum bisa sangat menentukan hasilnya & Terkadang hal-hal kecil bisa sangat menentukan Hasil Akhir". 

  • Loyalitas dari fans sangat menentukan dalam sistem "VOTING", misalnya meskipun fans Twitter Ghaida hanya 164rb orang saja, tetapi jika 70% dari fansnya itu loyal, maka jangan heran jika Ghaida bisa berada pada posisi 3 Senbatsu tahun ini.
  • Momentum di sini bisa dari banyak hal, seperti misalnya entah kenapa seorang member terlihat sangat bersinar, sangat menarik pada bulan april nanti, maka jangan heran jika saat penutupan voting nanti member bersangkutan ada di posisi 5 besar, meskipun fansnya mungkin sangat sedikit.
  • Hal-hal kecil di sini menyangkut banyak hal seperti arus media online yang sedang menyasar member bersangkutan, contoh nyatanya adalah Haruka. Kata kunci/Keyword "haruka" di internet itu sedang di shot oleh banyak kalangan dari seluruh asia ini. Nah jadi jangan heran seandainya haruka nanti ada pada posisi "Voting terbesar"
Selanjutnya adalah munculnya fenomena Haruka pada awal tahun 2014 kemarin, di mana Haruka memang bukanlah siapa-siapa, tetapi momentum, waktu, keberuntungan dan sebab-sebab kecil lainnya bisa sangat membantu dirinya meningkatkan "grade" sebagai Idola yang lebih baik baik di Jepang, Indonesia dan Asia ini.

"Siapa yang sinarnya sedang cerah akan lebih bersinar dari siapapun bahkan lebih cerah daripada member paling top/paling tinggi gradenya sekalipun"

Haruka hanya akan kalah dari member paling populer untuk intensitas dalam waktu jangka panjang seperti Nabilah misalnya. Berbeda dengan member umumnya yang butuh usaha lebih keras agar terlihat, tetapi tidak bagi mereka member populer.

Jika mereka "member populer" berusaha sangat keras, maka cahaya mereka akan langsung menutupi cahaya sekitarnya. Bukan karena cahaya sekitarnya yang sedang meredup, tetapi karena cahaya mereka yang terlalu terang-benerang, sehingga mampu menutupi cahaya sekitanya. Akibatnya sudah pasti, hanya cahaya mereka yang akan terlihat.. "ini fakta dunia hiburan, artis, musisi, dsb"

Point sebelumnya memang tidak langsung menyimpulkan bahwa Nabilah tidak perlu berusaha keras agar bisa populer, karena Nabilah juga bukan tanpa usaha agar bisa masuk menjadi salah satu member JKT48...."Tetap Dukung Tomochin versi JKT48 yah...."

Namun yang saya maksud di sini adalah efek saat mereka muncul. Efek saat Nabilah muncul akan selalu lebih besar dari member yang kurang populer, karena beberapa member JKT48 memang dilahirkan dengan kualitas sebagai Artis yang melebihi seorang idola. Salah satunya Nabilah, dia memiliki fans yang sangat banyak dari banyak kalangan di Indonesia, tidak hanya fans JKT48 aja.

Saat seorang teman di sini mengatakan bahwa "member underdog" koq bisa masuk senbatsu seperti pemilihan kalender senbatsu yang diselengarakan tahun 2014 kemarin ya?....

Wah...Saya ikut disentil nih,.. karena saya juga akan memilih member "underdog" tahun ini. Lalu apakah saya salah?.., Apakah saya tidak adil?...

Tentu saja tidak, karena semua kembali lagi pada pribadi masing-masing orang, terserah pilihan masing-masing fans terhadap idolanya "oshi/oshimen" mereka dan tergantung 3 point saya di atas,

"Loyalitas fans, Momentum Penting & Hal Kecil Berharga Besar".

Selain fans juga kadang memiliki banyak oshi "seperti saya", kondisi finansial fans juga menentukan. Voting terhadap oshi mereka itu tidak gratis loh.., pakai duit. Jadi tergantung bagaimana si fans mampu me-manaje "oshi-list " mereka saja.

Klo saya sih biasanya cukup adil, dari 12 oshi saya, "tepatnya sekarang 15"...sombong gw, padahal bikin bokek tuh....wahahahahahah. Saya biasanya nge-vote mereka 1 orang ya 1 vote. Tahun ini sepertinya saya akan nge-12 member saja, "1 orang 1 vote,.. Adil kan!!. Urusan dia ada di peringkat berapa, saya serahkan kepada fans lainnya.....khahahah.


1. Makna Dukungan Fans & Tanggung Jawab Oshi terhadap Fans

Di titik inilah ujian pertama bagi fans, di mana mereka harus menentukan oshi mereka yang mana yang akan mereka beri dukungan voting paling besar, bahkan tidak jarang mereka harus membuat peringkat agar adil dan memberikan "ketenangan bagi hati" seorang fans.

Inilah yang disebut dukungan sesungguhnya terhadap idola mereka, mereka rela mengeluarkan harta dan jiwa mereka agar idola mereka berada pada posisi yang mereka harapkan, dan selanjutnya melihat bagaimana si oshi mengemban harapan fans mereka tersebut.

"Ingat, bahwa idola bagi fans JKT48 tidak sekedar sebagai idola hiburan semata, tetapi idola bagi fans JKT48 lebih kepada idola sebagai inspirasi dan sering menempatkan kesuksesan oshi mereka sebagai tolak ukur kesuksesan bagi mereka juga (para fans)."

Pada akhirnya banyak fans yang mengarapkan sesuatu yang lebih, berharap agar oshi mereka berada pada posisi yang mereka harapkan. Jika oshi mereka bisa berada pada posisi yang diharapkan oleh fans, maka selanjutnya fans berharap juga oshi mereka akan mampu mengemban "tanggung jawab dan "harapan fans" dengan sangat baik.

Jika oshi mereka berhasil memenuhi harapan fans sejati mereka, maka fans akan bisa "memetik inspirasi" dari oshi mereka bahwa usaha mereka telah berhasil "mendukung orang yang tepat", sehingga mereka juga "merasa" mampu melakukan hal yang sama dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan masing-masing fans tersebut.

"Point ini lah letak perbedaan antara nge-fans kepada idola biasa dengan nge-fans kepada idola dari member JKT48 dan sister grupnya seperti AKB48 dan HKT48 misalnya.."


2. Voting Fans Menghilangkan Istilah "Grade" dan "Member Underdog"

Nah... kembali lagi dengan kata member "underdog" yang disebutkan teman kita tadi. Untuk alasan tertentu dia benar. Kenapa member underdog bisa masuk senbatsu padahal member yang memiliki nilai "grade" bagus justru tidak?... Itu wajar

Nah,.. dengan adanya sistem Voting seperti sekarang maka sudah tidak ada lagi hambatan bagi fans dalam memilih orang yang paling mereka idolakan, terlepas apapun hasilnya nanti.

Selain itu sudah tidak ada juga alasan bagi fans selalu menyalah kan member tertentu atas sebab, seperti merasa oshi mereka tidak pernah masuk senbatsu atau mendapat single atau bahkan masuk blocking sekalipun karena dominasi member tertentu.

Justru di sini lah fans sedang di uji tingkat kesetian mereka kepada oshi mereka, apakah kesetiaan mereka itu benar-benar kuat atau sekedar fans abal-abal saja. Benar tidak?..

Dengan sistem voting juga, "kesenjangan grade" langsung terhapus dan sudah tidak ada lagi yang namanya perbedaan antar member "utama" atau member "underdog". Semua member memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih tergantung seberapa besar pilihan voting jatuh kepada mereka.

Sistem voting untuk urusan idola memang paling cocok sih, karena mampu menghapus kecurigaan dalam pemilihan senbatsu, meskipun dampak buruknya adalah member yang masuk senbatsu bisa saja member yang belum mampu atau kurang berkompeten.

Namun ide seperti ini selain "memaksa" fans untuk setia pada oshi mereka, namun fans juga diberi hak untuk vote secara langsung dan sudah pasti menguntungkan juga secara pemasukan dolar bagi JOT tentunya.. yelaaah, duit lagi...hahaha.


3. Ujian Sesungguhnya Ke-eratan Hubungan Antara Oshi dan Fans

Jika pemilihan senbatsu yang dilakukan oleh manajemen atau JOT, maka member pengisi senbatsu bisa kita pastikan setidaknya 80-100% setidaknya pasti diisi oleh member yang memiliki "grade" bagus.

Namun dengan adanya sistem voting bagi fans, maka member pengisi senbatsu menjadi semakin acak "random" dan semakin "demokrasi" tentunya, karena semuanya tergantung seberapa besar kesetiaan fans dalam mendukung oshi mereka.

"Disinilah letak ke-eratan hubungan antara fans dan oshi mereka sedang diuji. Seberapa eratkah hubungan fans dengan oshinya tersebut ?..."

Dari sini juga lah bisa diambil kesimpulan, bahwa seberapa "terinspirasi" pulalah fans terhadap oshi mereka. Jika fans sangat terinspirasi kepada oshi mereka maka kemungkinan besar dukungan si fans kepada oshi mereka tentunya akan sangat besar pula atau sebaliknya yang akan terjadi.

"Jadi intinya adalah dukungan terhadap oshi tergantung oleh ke-eretan hubungan antara si Oshi dan fans setia mereka"

Di sini pulalah momentum tertentu dan hal-hal kecil bisa sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Bisa saja seorang fans yang biasanya oshinya adalah member-AAA misalnya, tetapi karena alasan tertentu dia memilih member-UUU dalam voting, karena terlihat "cahaya" member-UUU sedang waoooo di mata fans tersebut misalnya..", maka jangan hera hasilnya bisa saja berbeda..

Contoh lain adalah misalnya fans berpikir bahwa oshi mereka memiliki banyak pendukung selain dia, sehingga si fans merasa tidak perlu terlalu dirisaukan karena yakin oshi mereka pasti masuk senbatsu. Namun bisa berakibat fatal pada oshi mereka, sehingga sekali lagi, kesetiaan fans kepada si oshi benar-benar diuji di sini.


4. Dukungan/Hambatan Beberapa Member Masuk Senbatsu Single Ke-6 JKT48.

Di sini kita akan membahas dukungan dan hambatan beberapa member untuk meraih satu tempat dalam pemilihan senbatsu single ke-6. Dukungan dan hambatan bisa muncul dari hal-hal kecil sampai hal yang sangat urgen sekalipun.

1. Haruka Nakagawa:
Haruka "tentang Haruka, Haruka lagi" adalah salah satu member yang sangat populer belakangan ini. Haruka juga memiliki banyak fans dari Jepang dan Indonesia yang akan sangat membantunya dalam meraih satu posisi sebagai salah satu member yang masuk senbatsu.

Haruka juga mulai mendapat riputasi yang baik dari banyak kalangan belakangan ini, karena tidak hanya bagi fans JKT48 saja dia seorang idola. Namun bagi banyak orang yang pernah melihatnya dia termasuk salah satu penghibur yang menarik untuk selalu dilihat dan diliput kehidupannya.

Keuntungan lain dari Haruka adalah bahwa pada bulan Februari kemarin nama Haruka sedang menjadi "highlight" bagi pemberitaan media Jepang di mana Mr. Akimoto sebagai Total Producer AKS-Grup-48 telah menerima Penghargaan dari Menteri MEXT jepang atas kerja keras Haruka sebagai member JKT48 di luar negeri.

Bagi fans Haruka di Jepang, saya yakin mereka seperti mendapat perasaan "ibarat turun hujan di saat musim kemarau yang panjang". Saya yakin akan banyak sekali fans yang akan memilih Haruka baik dari Jepang atau Indonesia ini, agar dia menjadi salah satu pengisi kursi senbastu single ke-6 JKT tahun 2014 ini.

2. Melody Nuramdhani Laksani
Bebicara tentang Melody "tentang Melody, Melody juga", saya sudah pernah membuat sedikit catatan di sini bahwa Melody itu kurang lebih posisinya sekarang "implisit/tersirat" kurang-lebih sama dengan posisi Takahashi Minami di Jepang. Saya bahkan yakin jika Melody cukup lama bekerja di JKT48, kemungkinan besar dia bisa saja menjadi manajer juga di JKT48 kelak.

Setali tiga uang, berdasarkan catatan saya sebelumnya, bahwa Melody itu posisinya mirip dengan aktris korea Kho Hyun Jung di antara para artis dan para produser perfileman korea. Posisinya juga kurang-lebih seperti itu di antara para member dan manajemen JKT48.

"Posisinya akan selalu penting baik tanpa fans atau dengan fans, bukan karena dia istimewa, tetapi karena dia adalah seorang yang memiliki "tendensi" dan "disiplin" dalam bekerja"

Sekali lagi, kondisi ini menguntungkannya, bukan karena dia istimewa banget atau hebat banget, tetapi karena keseriusan dan tendensinya yang kuat dalam bekerja yang menempatkannya dia pada posisi itu. Sejauh  ini dia melakukannya dengan sangat baik.

Anda bisa melihat dia adalah seorang mahasisiwa juga, namun dia tetap bisa fokus pada pekerjaanya juga. Itu menunjukkan bahwa dia benar-benar serius. Saya sekarang kuliah sambil bekerja juga, gak yakin bisa memiliki tendensi sekuat Melody dan se-serius dia melakukan 2 pekerjaan sekaligus.

Di samping itu, Melody juga memang salah satu member JKT48 yang selain memiliki banyak fans, dia juga memiliki banyak "hater".

Kondisi ini tidak lantas menunjukan bahwa Melody itu buruk. Justru kondisi ini lah yang menunjukkan bahwa Melody adalah seorang manusia normal yang berhasil mendapatkan posisinya sekarang dengan kerja kerasnya, sehingga banyak orang yang merasa mereka juga harusnya bisa.

Dan patut juga dicatat, bahwa seorang artis atau idola yang memiliki banyak "fans" umumnya pasti banyak pula "haters-nya". Paradigma ini menandakan bahwa orang tersebut memang adalah seorang yang sudah sangat populer dan selalu menjadi tolak ukur.

Dengan kata lain seluruh tingkah-lakunya sudah menjadi sorotan publik dan sering menjadi bahan pemberitaan di media masa. Mungkin beberapa fans bertanya...

Lah lalu, bagaimana dengan Nabilah, dia kan memiliki fans yang sangat banyak di seluruh Indonesia, tetapi dia jarang memiliki "hater"?.. (point selanjutnya...)

Ada banyak sebab kondisi ini bisa terjadi. Namun saya akan mengambil 3 jawaban terbaik yang merupakan sebab dan juga sekaligus solusi asalkan Melody mampu memahami dengan tujuan yang jelas.

- Melody sering menjadi center dan juga menjadi kapten JKT48.
Benar, Melody adalah member yang paling sering menduduki "kursi panas" dalam perjalanan JKT48. Akibatnya dia selalu menjadi "target point" seluruh hater yang mungkin awalnya membenci manajemen alias JOT, tetapi karena JOT ibaratnya berada dalam posisi DEWA yang tidak mungkin disalahkan, maka dicarilah orang yang paling gampang untuk di "shot". Nah akhirnya Melody lah yang menjadi target utamanya.

Saya rasa mulai sekarang Melody sudah mulai harus menguatkan tameng-nya karena mulai sekarang Melody akan terus menjadi target para Hater, selagi belum ada saingan yang sepadan baginya dalam Tim JKT48. Menurut hemat saya, hanya dua hal yang bisa dilakukan Melody dalam meredam semua orang menjadikan dia sebagai target.

- Menasbihkan kekuasaan posisinya sekarang, atau
Menurut saya, cara ini adalah yang terbaik. Dengan dia menunjukkan bahwa "Inilah saya Melody, seorang kapten JKT48 yang akan membawa JKT48 lebih sukses dan hebat", maka dengan bukti dan kerja keras yang akan tercapai nanti, semua haters itu dengan sendirinya akan memihaknya juga. saya yakin itu, karena 40% fans awalnya adalah haters juga, termasuk saya...hahahha

- Menghindari semuanya dengan tetap tidak acuh.
Nah,.. kondisi ini mirip dengan apa yang sedang dan tetap dilakukan melody sampai sekarang. Sejak pengumuman dia sebagai kapten JKT48 sampai sekarang, dia tetap berada pada posisi ini "terlihat berada dalam posisi bayangan". Dia terlihat cukup jelas, namun bentuknya juga terlihat seperti bayangan.

Posisi ini memang menguntungkan untuk jangka pendek, tetapi berbahaya dalam jangka panjang, karena dia sebenarnya sedang menghimpun hater, bukan sedang menghimpun fans. Ada baiknya dia segera mengambil jawaban pertama. Artinya sambil menghimpun fans, juga sekaligus menarik hater dan menjadi fans kepada Melody...


3. Nabilah Ratna Ayu Azalia
Nabilah "khusus tentang Ayuchin" adalah salah satu member JKT48 yang tidak hanya sebagai seorang Idola saja tetapi juga sudah menjadi seorang Artis bagi banyak kalangan. Dia adalah seorang idola yang memang telah dipilih masyarakat menjadi artis besar dengan sendirinya, tanpa perlu bantuan siapapun.

Keuntungan Nabilah:
Jumlah Fans-nya bahkan melebihi artis profesional sekalipun. Sejauh ini jumlah fans twitter-nya terus saling mengejar dengan jumlah fans penyanyi @fatinsl di angka 1,3 juta orang.  Besarnya jumlah fansnya di twitter bahkan menyamai beberapa artis besar Indonesia. Nah loh... haha.

Bahkan ini mungkin lebih mencengangkan lagi bahwa, saya yakin besarnya jumlah fans Nabilah kemungkinan besar, hampir sama dengan setengah dari seluruh fans JKT48 baik dari Indonesia dan Luar negeri, sekarang.

Bisa dikatakan setengah dari pemasukan JKT48 itu adalah berkat adanya Nabilah dalam Tim JKT48. Jika seandainya tanpa mengikutkan faktor apapun ya, maka sungguh akan sangat mengengangkan, bukankah begitu?...hemmm

Jika melihat besarnya fans Nabilah, maka sudah tidak bisa dipungkiri bahwa dukungan kepada Nabilah akan sangat besar sekali. Bukankah begitu?..

Namun apakah pendapat itu benar?.. Ternyata belum tentu, buktinya saat pemilihan kalender senbatsu 2014 yang dilaksanakan pada tahun 2013 kemarin, justru yang meraih jumlah voting terbanyak adalah Haruka Nakagawa... Nah Lohh...hahah

Nah.. Jika melihat besarnya jumlah fans Nabilah, kan rasanya tidak mungkin voting kepadanya lebih kecil daripada kepada Haruka. Nyatanya memang begitu. Lalu apa penyebab hal ini bisa terjadi?..

Salah satu penyebab utama adalah jika boleh menduga, maka kemungkinan besar 50% follower Nabilah pada twitter bukanlah fans JKT/AKB, melainkan adalah gabungan beberapa fans acara lain dan masyarakat umum. Misalnya fans OVJ, Pas-Mantab dan masyarakat umum atau bisa juga  misalnya fans Nabilah adalah fans yang juga memiliki Oshi lain yang lebih menginspirasi mereka.

Dari jawaban sebelumnya bisa diambil kesimpulan, "bahwa banyaknya fans tidak selalu membantu seorang idola dalam meraih sebuah posisi dalam senbatsu, mungkin dalam meraih popularitas memang mendukung, tetapi tidak dalam meraih posisi dalam senbatsu, karena semuanya tergantung kepada seberapa loyal-kah fans yang sedang mendukung member tersebut."

Memang pendapat tersebut tidak lantas memastikan, bahwa dukungan kepada nabilah tidak banyak, kerena dengan besarnya fans Nabilah dari berbagai unsur masyarakat selain fans JKT48/AKB48 saja. Maka bisa dipastikan hanya dengan sedikit dukungan saja dari sebagian besar fansnya tersebut, akan membuatkan dia "pasti" masuk dalam member senbatsu, meskipun voting baginya hanya posisi terakhir "Jumlah voting padanya pada posisi 16 saja misalnya".

Yang pasti besarnya jumlah fansnya memberikan keuntungan yang tiada-tara baginya, karena dia tidak perlu terlalu khawatir apakah fansnya itu loyal atau tidak, selagi dia terus berbuat terbaik, maka dukungan baginya akan tercurah dari segala sudut fans corridor.

Kondisi ini tentu saja berbanding terbalik dengan member yang jumlah fans-nya sedikit, meskipun hampir semua fans-nya loyal sekalipun, dia tetap harus bekerja ekstra agar fans-nya tersebut rela mati-matian mendukungnnya. Karena bukan mustahil seorang fans loyal sekalipun bisa saja dalam "detik terakhir" malah me-voting member lain, karena alasan yang rumit. Sejauh ini situasi seperti ini sudah sangat sering terjadi.

Perbedaan dukungan fans terhadap Nabilah dengan member yang punya "hater":
Kembali kepada kasus Melody sebelumnya, dimana Melody memang adalah member yang memiliki fans yang besar, tetapi dia juga memiliki banyak hater yang selalu mengikutinya. Kenapa kondisi ini bisa berbeda?..
Nabilah adalah bunga/pengharum JKT48
Berbeda dengan Melody, Nabilah adalah member yang hidup di alam bunga. Dia selalu harum, sehingga sangat jarang orang membencinya, bahkan sanking harumnya tidak ada yang cukup berani menjadi haters padanya.

Selain karena dia memang selalu seharum bunga, dia juga memilki fans yang sangat besar, jika ada hater yang berusaha  mengerjainya, maka bahaya lah bagi si hater, karena seluruh fans-nya yang jumlahnya mencapai sejuta lebih itu, akan langsung mengarahkan mata pedang mereka kepada si hater...Nah..loh, hati-hati bagi hater klo membenci Nabilah ya.., bisa-bisa dicincang luh... khahah.

Nabilah adalah artis bagi banyak orang, tidak hanya bagi fans JKT48.
Sejalan juga dengan pendapat di atas. Nabilah saat ini bukan lah sekedar pengisi kursi member JKT48 saja. Dia adalah salah satu anak yang sebenarnya sudah menjadi artis bagi kebanyakan orang Indonesia.

Bukti kecilnya adalah fans Twitternya yang mencapai 1,3 juta orang itu, sebenarnya terdiri dari banyak kalangan, entah fans JKT48, artis lain, fans acara TV lain dan masyarakat umum. Coba anda bayangkan, anak berumur 14 tahun saja sudah punya fans sebanyak 1,3 juta lebih, artis aja jarang. Coba klo bukan seorang artis, apa namanya donk?...

4. Cindy Yuvia & Thalia Ivanka:
Yupi cukup dikenal fans oleh Jepang karena dulu pernah dikenalkan oleh Aki Takajo di blognya. Yupi adalah member JKT48 yang cukup terkenal belakangan ini. Dari seluruh member Tim K-3, maka Yupi lah yang memiliki fans Twitter terbanyak. Lalu pernah kah anda berpikir dari mana saja fans Yupi tersebut?..

Dari data media dan menurut saya sendiri, Yupi adalah member JKT48 yang cukup beruntung, selain dia memilki wajah super imut, dia juga beberapa kali masuk radar fans Jepang secara langsung, sehingga di memperoleh keberuntungan, sekaligus kepopuleran yang tentunya juga karena grade yang juga memang bagus.

Saat Akhica memperkenalkan Yupi dalam blognya pada tahun 2013 kemarin, drastis dalam waktu singkat, fans yupi mendadak bertambah dan awal tahun ini fans twitter Yupi telah melampaui semua fans twitter member JKT48, kecuali 3 member ter-atas saja, yaitu Nabilah, Haruka dan Melody.

Lalu bagaimana dengan Ivanka?... Ivanka juga memperoleh dukungan keberuntungan layaknya Yupi. Ingat saat acara dahsyat di mana Ivanka dikenalkan sebagai kembaran dari DJ-Una.

Nah... Itulah yang disebut efek keberuntungan, saat para penonton Dahsyat melihat acara itu dan mengetahui bahwa terdapat seorang member JKT48 yang mirip DJ-Una, maka..

Hal pertama yang mereka lakukan adalah membuka internet, membuka situs www.JKT48.com dan mencari informasi tentang Ivanka. Maka saat ketemu akun Twitter Ivanka, langsung Follow dah, keburu lupa...hemm

Nah.. Lalu bagaimana kemungkinan posisi mereka dalam senbatsu?... Untuk hal ini kembali lagi, jawabannya adalah seberapa banyak fans loyal mereka yang rela memilih mereka "voting" sebanyak-banyaknya.

Meskipun ke-2 member ini memiliki fans yang banyak, tetapi loyalitas fans, momentum sesaat dan hal-hal kecil berharga besar lainnya, akan dengan mudah merubah semua kemungkinan.

"Intinya adalah serahkan lah semua kemungkinan jawaban kepada waktu untuk menentukan jawaban akhirnya"


5. Devi Kinal Putri, Beby Chaesara Anadila & Jessica Vania:
Devi Kinal putri "khusus Kinal," adalah member yang sedang naik daun saat ini. Personalisasi yang dia tunjukkan belakangan memang cukup agresif. Saya tidak tahu apakah akan berdampak positif atau tidak nantinya, namun yang pasti sejauh ini semuanya terlihat lebih baik bagi Kinal.

Dalam video promosinya juga terlihat viewer yang melihat cukup agresif juga seperti Kinal sendiri....hahah. Memang sih sudah seharunya kinal lebih dewasa dan bertujuan sekarang.., Iya gak?..

Jeje "tentang Jeje" juga sejauh ini terlihat semakin agresif melebihi biasanya. Personalisasi yang dia tunjukkan juga terasa lebih bebas dari sebelumnya, terlihat dia lebih menikmati pekerjaannya, meskipun alasan sebenarnya hanya dialah yang memahami "mungkin stress ujian"...whakaaaha.

Kembali kepada persaingan senbatsu. Maka jawabannya juga akan tetap saja sama bagi semua member. Loyalitas fans, momentum penting dan hal kecil berharga besar akan menentukan hasil akhirnya tanpa bisa diprotes lagi, kecuali anda kurang kerjaan....hahaha

Tidak ada yang bisa di perjelas lagi semua kembali kepada waktu, "seberapa kuat fans & si Oshi saling berpegangan tangan" akan menentukan posisi oshi dalam senbatsu kelak.

Saya sampai lupa tentang Beby Chaesara "khusus Beby", Dia adalah member favorit saya juga selain Kinal. Saya sampai lupa memasukkannya padahal ada thema khusus juga tentangnya . Beby it's time for you.

5. Wiranti Dhike, Rica Leyona, Ghaida Frisya, Viviyona & Sendy Ariani
Seperti semua kita ketahui, bahwa keberadaan fans bisa menyelamatkan si member, namun juga tidak jarang fans juga bisa membahayakan member dalam waktu bersamaan.

"Sering keyakinan member bahwa fansnya banyak membuat dia terlena, jadi lupa akan personalisasi dirinya sendiri"

Mereka ini misalnya, mereka punya fans loyal meskipun jumlah fans mereka sedikit, sebagai contoh follower twiternya mereka termasuk sedikit di antara seluruh member JKT48. Namun siapapun tidak akan pernah tahu apakah mereka akan masuk senbatsu atau tidak pada saat voting di tutup nanti..  

"Hanya waktu yang tahu" & operator tentunya....hahahahha

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada akhirnya, karena kita juga tidak akan pernah tahu member yang mana lagi yang memberikan kejutan seperti tahun lalu, sebab pemilihan senbatsu sekarang 100% ada di tangan fans.

Di sisi lain, siapapun member  yang memberi kejutan. Harapannya dia bisa melakukan pekerjaanya secara bertanggung-jawab. Bukan hanya agar sekedar "terlihat saja", bahasa AKB-nya "pop-up". Namun harus memberikan kejutan juga dengan mampu mengemban tugas dan tanggung-jawabnya dengan sebaik-baiknya.


6. Sinka Juliani Member "underdog" Saya Tahun Ini.

"Dia pilihan saya, jadi suka-suka saya donk untuk mendukung".

Bagi saya Sinka "khusus tentang Sinka" terlihat bersinar akhir-akhir ini, jadi jika saya memilih dia agar masuk senbatsu, apakah saya salah?.. Tidak kan, karena bagi saya dia new Oshi saya juga, maka saya akan mendukung dia sembari meletakkan satu harapan dipundaknya "meskipun dia tidak menyadarinya".

Mungkin banyak yang berpikir, apa kamu tidak salah memilih dia, bagaimana jika dia terpilih dan harapan yang kamu letakkan dipundaknya Sinka tidak bisa dilakukannya dengan bertanggungjawab, bukan kah itu tidak adil bagi member lainnya?...

Jawabanya tentu saja tidak ada yang salah. Dia terpilih masuk menjadi senbatsu saja sudah mewujudkan salah satu harapan saya, apalagi dia berhasil mengemban tanggung-jawabnya dengan sempurna sebagai senbatsu kelak, maka harapan saya benar-benar terwujud tentunya...Iya gak?..

Oke lah, seandainya dia berhasil masuk senbatsu dan dalam prosesnya dia kurang berhasil mengemban tanggung-jawabnya sebagai member senbatsu, maka boleh lah saya salah, tetapi jangan lupa saya juga tentu akan berusaha membantunya "memberi petunjuk", entah bagaimana pun caranya agar dia bisa melakukan tugasnya sebaik-baiknya karena dia pilihan saya.

Di sinilah fungsi interaksi antara fans dan oshi mereka akan menentukan apakah oshi mereka pantas menjadi inspirasi?., Apakah pantas menjadi idola?., dan Apakah pantas menjadi harapan bagi fans?...

"Bagi saya sendiri ide ini sangat penting"

Jujur saja, kenal Fatin Shiqia. Dulu saat acara X-Factor, saya juga melakukan hal yang sama padanya, meletakkan sebuah harapan dipundaknya sembari memberi bantuan padanya melalui internet, adu argumentasi dengan semua orang dan voting juga.

Dan hasilnya cukup membantu. Kondisi itu jugalah yang saya temukan dari JKT48 dan saat saya tahu bahwa sistem voting penentuan senbatsu juga bakal diberlakukan di sini, layaknya seperti di AKB48, tentu saja saya menjadi senang.

"Harapan di atas juga sepertinya akan saya berlakukan juga bagi member tertentu tahun ini termasuk bagi member ini"..hahahh

Selain itu rasa suka orang juga tidak bisa diatur kan, kecuali anda pakai "duit panas". Kita tahu pemilihan dengan voting sudah berlangsung cukup lama dalam pemilihan senbatsu di AKB48, dan hasilnya juga kadang mencengangkan, karena member yang terpilih memang tidak semuanya yang "on-top" atau "high-grade" menurut fans. Namun itu adalah hal yang wajar dan menarik, karena intinya adalah..

"Semua orang "termasuk cowok" bisa menjadi Cantik, maka semua member juga seharusnya bisa menjadi Bintang"

Jadi sah-sah saja, siapapun yang masuk senbatsu, terlepas performa mereka bagus/tidak, juga terlepas mereka adalah member top/gak, asalkan fans setia mereka selalu mendukung, maka mereka akan terbantu dengan sempurna di setiap momen yang dibutuhkan.

Intinya adalah bagaimana member tersebut  mampu "menyenangkan hati para fans setianya", kemudian bagaimana dia selalu menjaga agar "terlihat wow dimata semua fans" dan terakhir bagaimana dia mampu mengubah dirinya "dari kulit atom menjadi inti atom"

Inti atom yang mampu menarik siapa saja disekitarnya, tidak hanya fans, bahkan masyarakat umum juga akan tertarik dan tergugah hatinya untuk membeli CD di Alfa-Mart misalnya, dan bersedia menyempatkan masuk website JKT48 dan memilih mereka menjadi member senbatsu.

Semuanya searah, meskipun fans sudah membeli CD, download online dan sebagainya tetapi jika fans "malas" untuk membuka website jkt48, maka hasilnya akan "nihil" alias angin lalu.

Fakta ini juga menjadikan adanya fans loyal atau tidak tidak terlalu penting, tetapi adanya fans loyal meskipun sedikit asal mereka masuk katagori "die hard fans", maka akan memberi bantuan ke oshi mereka, semampu mereka... "sudah terbukti"

Seperti contoh anda, bagi Ghaida, Yona & Hanna tahun lalu misalnya, prinsip fans loyal sangat membantu mereka, tetapi tidak terlalu berlaku bagi haruka & nabilah. Mereka berdua memiliki banyak fans dari berbagai kalangan, sehingga dukungan untuk mereka bisa sporadis dari berbagai sumber.

Lalu Melody misalnya, seperti artikel sebelumnya. Melody sekarang hidup di kursi "panas" jadi jika dalam pemilihan senbatsu kali ini dia ada di posisi bontot misalnya, saya tidak akan heran, karena mungkin banyak juga fans ikut-ikutan menjadi hater baginya.

Namun tetap saja fans setia Melody akan tetap mendukungnya agar berada di posisi center. Kondisi ini sebenarnya berlaku bagi semua member, fans pasti ingin oshinya menjadi Center, terlepas bagaimana performa oshi mereka... "sudah pasti"

Sebagaimana Mr. Akimoto pernah mengatakan bahwa para gadis-gadis idola dalam AKB48 dan sister grupnya adalah ibarat "pop-corn":
"Entah siapa dari mereka yang akan pop-up lebih tinggi, semua tergantung waktu dan usaha para gadis"  

Dan Minami Takahashi juga mengatakan:
"Bahwa para gadis ini ibarat bunga hydrangea, mereka akan berbunga dan mekar jika sudah waktunya dan juga tergantung tanah dia tumbuh"

Fakta ini jugalah mungkin menjadi salah satu sebab, begitu banyak member JKT48 yang berhenti di tengah jalan. Setelah mempertimbangkan baik-baik, mereka mungkin merasa mereka tidak hidup pada tanah yang tepat, sehingga mereka mencari tanah yang lebih cocok untuk mereka diami.

Sehingga pada sebuah titik tertentu bisa saja member yang paling jarang/paling tidak terkenal tiba-tiba muncul ke permukaan dan langsung menjadi "center". Semua itu tidaklah mengherankan lagi jika sistem voting yang melibatkan fans sudah diberlakukan.

Memang sih, belum pernah sekalipun saya lihat, baik di AKB atau sister grup lainnya di mana  member yang paling tidak terlihat atau paling sedikit memiliki fans, bisa menjadi "center" dari hasil voting senbatsu seperti sekarang ini. Namun alangkah "cool" jika hal ini bisa terjadi. Entah bagaimana dampaknya tetapi menurut saya pasti "keren/cool".

Jika tidak terlarang membagi berdasarkan "glance-grade" dari banyak faktor, bukan tingkat kepopuleran mereka saja, maka kira-kira posisi mereka sekarang dalam tim JKT48 " dalam banyak persepsi" adalah kurang lebih seperti di bawah ini.

Tim J:
1. Melody
2. Kinal, Veranda, Haruka, shania
3. Nabilah, Ayana, Beby, Dhike, Jeje
4. Sendy, Ghaida, Vanka, Gaby, Frieska, Rachel,
5. Rica, Sonia, Delima

Tim K-3 :
1. Naomi, Ratu, Rona
2. Della, Ikha, Yupi, Alicia, Yona,
3. Thalia, Hanna, Lidya, Noella, Shinka,
4. Bonita, Nadilla, Natalia

Traini:
1. Dena, Nobi, Sisil
2. Saktia, Shafa

Namun penilaian yang saya buat ini, tidak akan berfungsi dalam pemilihan senbatsu kali ini, karena sekarang pemilihan senbatsu akan dilakukn langsung oleh fans dan kesetiaan fans akan benar-benar diuji di sini, bagaimana terinspirasinya si fans kepada masing-masing Oshi mereka.

Nah... Setelah menulis sepanjang ini dan memikirkan banyak hal di samping kesibukan saya yang juga serba padat, maka saya ucapkan maaf jika terdapat banyak kesalahan yah...hhuhhu.

Pada akhirnya saya juga sama seperti semua fans, entah fans apapun itu. Kita hanya akan rela mendukung saat kita menginginkannya baik karena inspirasi, kesukaan dan alasan lainnya bukan kah begitu?.... Jadi dukunglah idola anda sebaik mungkin, dan saya juga akan mendukung idola saya dengan cara saya...Heeeeh

So...Ganbatte for all JKT48 member " J,K-3 & Traini."
tkvs.... (~_~').. 
Persaingan Senbatsu Ke-6 JKT48 Persaingan Senbatsu Ke-6 JKT48 Reviewed by Hai on Maret 17, 2014 Rating: 5

6 komentar:

  1. saya sudah baca! Tulisannya Keren. Saya banyak setujunya meski ada sedikit yang gak setujunya. Saya sangat setuju terutama soal loyalitas fans. Saya sendiripun masih merasa kurang loyal Sama Yuvia (Haha2014x). Soalnya entah kenapa saya juga memberikan vote saya ke Frieska. Padahal saya gak fans sama sekali dengannya. Hanya karena kebetulan saja saat melihat video promosinya kemarin entah kenapa saya langsung berpikir. "nih orang bikin greget saja, gak niat banget mempromosikan dirinya tapi kok elegan sekali yah videonya". Yup, dia menghabiskan hampir seluruh jatah waktunya yang cuma 1 menit hanya dengan duduk manis membaca buku. Dan ternyata itu berhasil menarik perhatian saya. Sebaliknya, belakangan entah kenapa Rona yang sempat menarik perhatian saya justru berbalik tidak mempedulikannya. Kenapa? Saya tidak tahu, dia tampak terlalu ambisius dan berusaha terlalu keras yang anehnya bagiku tidak menarik sama sekali. Bahkan saya baru-baru ini sadar bahwa Rona tidak muncul jadi senbatsu di flying get. Soal Sinka, saya sangat setuju dan perlahan dia akan bersinar !

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah... detik-detik terakhir itu memang berbahaya klo salah tekan enter...haha. soal sinka.. sama dia pasti bisa melakukan transformasi segera...

      Hapus
  2. Oh yah, hampir lupa ngucapin terima kasih telah menjawab request saya! Saya sangat puas dengan tulisannya. Arigatou !!!!!

    BalasHapus
  3. wkwk... ni blog bikin gw ga tidur jam 3 subuh. sama wa jg banyak stuju n ada ga stuju tapi kembali ke awal bahwa persepsi dan pendapat bisa berbeda. tapi ini bener tulisan yg bagus tergantung bagaimana menyikapinya. Gw sendiri sudah masukin stengah vote yg gw milikin buat oshi Melody, awalnya sempet pengen vote ayana yupi n frieska karena bener pendapat yg klo melo biarpun ane ga pilih pasti bakal dipilih sama yg lain. tapi blog ini bikin gw mantep 100% buat smua vote ke melo demi mengamankan status quo walaupun sdikit suara gw mungkin cuma ngbantu nol persen tapi stidaknya cukup membuat hati ini tenang karena sudah mendukung oshi tanpa perlu menyesal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...berarti nih blog bahaya donk...hhaha
      benar penyesalan adalah bagian dari history waktu yang sudah lampau...selalu menyakitkan

      Hapus

Buktikanlah bahwa anda manusia dengan meninggalkan jejak sebaris komentar disini....('^_'^)

Get Much Smile And Blast Your Days

Sora Templates

Image Link [https://lh3.googleusercontent.com/-OAbqB96ogmw/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAADJ4/DpM__oM_ItI/s120-c/photo.jpg] Author Name [Navia Aru] Author Description [Get Much Smile and Blast Your Days] Twitter Username [https://twitter.com/ushin_yui] Facebook Username [https://www.facebook.com/navia.firkyn] GPlus Username [https://plus.google.com/u/0/103423238187966752054/posts] Pinterest Username [none] Instagram Username [none]