LATEST NEWS

[10]

Haruka, JKT48 & Rotasi Massal Grup AKB48


Ada beberapa (?) tentang JKT48, misalnya klimaks dan peleraian perjalanan JKT48 tahun 2014 yang cukup aneh. Saya gak tahu ini bagian dari strategi atau memang sikon yang menentukan. Serta beberapa (?) lainnya yang sangat "WaoOOO" menurut saya. Silahkan simak ya..

1. Debut JKT48 Klimaks pada Akhir Tahun 2013, Tetapi...
Benar, debut JKT48 itu klimaks akhir tahun 2013, sekitar bulan Oktober-Desember. Tetapi mengingat klimaks ini cukup singkat, rasanya perlu ditanyakan apakah ini bagian dari strategi. Misalnya mencegah agar JKT48 tidak cepat dirasa bosan oleh fans, atau situasi dan kondisi lah yang menentukan hasil akhirnya.

Jika ditelusuri lebih jauh JKT48 mulai klimaks sekitar bulan Juli sampai Oktober tahun 2013. JKT48 benar-benar di puncak klimaks pada bulan 10-12 tahun 2013. Setelah itu rasanya JKT48 mulai tahap peleraian. Meskipun jika seandainya diposisikan dalam kurva, maka posisi peleraiannya kini masih lebih tinggi dari posisi mereka saat awal klimaks pada sekitar bulan Juli-September tahun 2013.

2. Tujuan Awal Abroad Study untuk Member AKB48...
Benar, di awal pengiriman beberapa member AKB48 ke luar negeri mungkin banyak yang bertanya-tanya, kira-kira tujuan awal Mr.Akimoto mengirim beberapa member AKB48 ke luar negeri apa?.. Dari beberapa kacamata fans, setidaknya kita bisa mengambil beberapa alasan termasuk saya.  

a. Alasan Pertama Adalah Alasan yang Sedikit Kejam. Membuang Member yang Dianggap Merusak Kedamaian AKB48. 

Apakah alasan ini benar?.. Sejauh ini fakta mengatakan tidak, karena dari 4 orang yang sudah dikirim ke luar negeri, setidaknya 2 orang cukup sukses. Miyazawa Sae cukup sukses mengangkat nama SNH48. Sedangkan Nakagawa Haruka melebihi prediksi siapapun, bahkan Mr.Akimoto sendiri, dimana Haruka Nakagawa dengan seluruh member JKT48 bahkan mampu mengangkat nama JKT48 ke seantero negara Asia, terutama negara-negara ASEAN.

Nakagawa Haruka bahkan membuat Mr.Akimoto dianugrahi penghargaan oleh Menteri Pendidikan, Budaya, Olah-Raga, Sains dan Teknologi Jepang (MEXT) atas kiprah Nakagawa Haruka yang mengangkat nama AKS Grup-48 di Jepang dan dunia Internasional.
b. Alasan Kedua untuk Memenuhi Harapan Fans Luar Negeri Sekaligus Menarik Minat Pasar.
Fans pastinya berpikir seperti ini. Memang alasan ini sudah pasti masuk dalam tujuan Sang Produser, tetapi tentu saja tujuan utamanya adalah menarik pasar sekaligus menjaga pasar tetap hangat. Istilahnya jangan sampai "Besar pasak daripada tiang". Sejauh ini keputusan Mr.Akimoto terbukti manjur. Bahkan mungkin nama JKT48 di beberapa negara ASEAN lebih terkenal dari nama AKB48, Mungkin..!
c. Alasan Ketiga adalah Membuat Studi Perbandingan Tentang Un-prediction Facts dalam Pembangunan Grup-48.

Mungkin alasan terakhir ini yang paling tidak diduga oleh Mr.Akimoto, tetapi imbas baiknya justru alasan inilah yang menjadi sebab paling memberikan nafas baru bagi Grup-48. Terbukti akhir Februari 2014, Grup48 melakukan Rotasi Massal seluruh member grupnya, bahkan JKT48 juga kena percikannya, padahal JKT48 paling jauh dari Jepang loh, tetapi tetap kena juga ya..hemm.

" Takahashi Minami sebagai General Manager bahkan mengatakan Banyak member yang mengalami tempat-tempat yang baru, mendapatkan inspirasi, dan akhirnya menjadi kekuatan penting untuk masa depan AKB48".

Dari pernyataan Minami tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ternyata kebersamaan itu tidak selamanya mengangkat nama sebuah grup. Buktinya Nakagawa Haruka yang dikirim ke negara antah-brantah Indonesia ini,

"Kenyataan bahwa banyak orang Jepang sendiri, yang bahkan tidak tahu dimana Jakarta atau Indonesia"

justru menjadi pahlawan bagi Grup-48. Haruka yang datang dengan tangan kosong, bahkan bisa pulang dengan membawa nama besar dia sendiri dengan label HarukaN_JKT48 dan sukses mereformasi Grup-48. --"from zero to hero"-- Hebat bukan si Harugon...haha.

Nakagawa Haruka bersama member JKT48, bahkan mampu membuat JKT48 bersaing langsung dengan Big Sister Grup mereka AKB48 dalam persaingan di ASIA. Padahal JKT48 itu masih baru lahir loh.

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa sudah pasti kan.!, nama AKB48 membawa keberuntungan kepada JKT48 sendiri. Tetapi sebenarnya tidak melulu nama AKB48 mampu mengangkat nama Sister Grupnya di Luar negeri. Buktinya nama AKB48 sampai sekarang masih belum mampu mengangkat nama SNH48.

Mungkin akan ada juga yang beralasan, bahwa SNH48 kan baru satu tahun, sementara JKT48 sudah dua tahun. Alasan ini juga tidak bisa diterima sepenuhnya, karena SNH48 itu berada di negara yang memiliki latar belakang budaya yang lebih mirip Jepang, sehingga sudah harusnya lebih gampang menyerap semua hal dari AKB48.

Perbandingan lainnya adalah JKT48 didirikan di negara Indonesia yang budayanya 125 drajat berbeda dengan budaya jepang, tetapi dengan polesan tertentu dari manajemen dan ditambah KEJUTAN dari Haruka Nakagawa, JKT48 bahkan bisa membuat AKB48 terpaksa melakukan ROTASI MASSAL secepatnya. Sungguh luar biasa. Awesome kata orang bule....ahaha

Di sini saya link kan beberapa bukti nyata, bahwa AKB48 itu dirotasi, karena salah satu alasannya adalah "Fenomena Haruka Nakagawa".

Saya tidak bisa berbahasa Jepang, jadi saya carikan link blog yang mampu mengartikan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia (Pakai google translate gak mumpuni). Sebenarnya sumbernya dari www.akb48.co.jp semua..
1. Penghargaan Kepada Mr. Akimoto atas Fenomena Nakagawa Haruka

Mr. Akimoto mengunjungi kantor kementerian, dan dipertunjukkan sebuah episode dari Nakagawa Haruka, yang bergabung dengan grup idola Indonesia, JKT48 dari AKB.
"Dia pergi ke sana tanpa informasi tentang Indonesia, tapi setelah 1 tahun dia mencapai tingkat dimana dia tidak memiliki kesulitan lagi dalam percakapan sehari-hari dan dia menikmati budaya yang berbeda itu. Sekarang, dia kadang-kadang tampil sebagai member center JKT48, dan menjadi populer dengan penampilannya dia dalam 7 CM disana. Semangat tantangan, untuk mengunjungi dan mencoba terlebih dahulu itu menjadi cukup penting " katanya
Sumber: Surat Penghargaan dari Menteri MEXT

2. Pernyataan Takahashi Minami

Selama pengumuman, General Manager Takahashi Minami mengatakan,

"Banyak member yang mengalami tempat-tempat yang baru, mendapatkan inspirasi, dan akhirnya menjadi kekuatan penting untuk masa depan AKB48.'

Maksud utamanya di sini tidak lain dan tidak bukan adalah Nakagawa Haruka. 
Sumber:Opini Para Wota dari Grup-48.html

3. Banyak Member yang Potensinya Tidak Keluar dan Hampir Hilang Karena Situasi dan Kondisi Membuat Mereka Tidak Bisa Terlihat.

Seperti yang Minami katakan, tujuan dari Grand Reformasi BUKANLAH untuk "membuat para fans menjadi kesal, membangkitkan sensasi dan membajak media", tetapi untuk mengubah letak susunan bunga yang diletakkan dalam sebuah karangan bunga dan membantu orang untuk menemukan kembali betapa indahnya gadis mereka yang dinyatakan memiliki nuansa yang tersembunyi dan tidak pernah mendapatkan perhatian."

"Sama seperti bunga Hydrangea, para gadis ini mungkin mekar dalam warna yang berbeda pada tanah yang berbeda." 
Sumber: Opini Para Wota dari Grup-48
4. Dampak sebelum rotasi Grup-48.
Pada salah satu situs fans G-48 terdapat sebuah polling yang menarik, tetapi bagi saya sendiri cukup lucu. Kenapa lucu?.. karena banyak sekali member JKT48 yang masuk polling. Saya sampai ketawa-ketawa sendiri, bukan karena meremehkan harapan fans atau bagaimana, tetapi saya tertawa senang ternyata SANGAT banyak fans JKT48 baik dari Jepang dan Asia ini. Beberapa member JKT48 yang masuk polling antara lain Melody, Rena, Ghaida. Tetapi yang paling menarik adalah polling .
-
Lucu bangAt kata Haruka....Wuhahahahhaha. Selengkapnya cek saja di sumbernya langsung.
Sumber: Dai Sokaku Matsuri Reformation Festival
Nah, bagaimana menurut anda. Sejauh pantauan saya, ternyata dampak Nakagawa Haruka ini sangat mempengaruhi seluruh tatanan Group-48.

Saya yakin Nakagawa Haruka sendiri bahkan tidak menduga bahwa usahanya mempertahankan karirnya yang hampir "Berakhir di AKB48 dan mau pindah ke JKT48 yang dimulai lagi dari nol, sendirian dan kesepian", mampu membuat Mr.Akimoto terpaksa mengubah tatanan Group-48 secara massal sampai ke struktur manajemen Grup-48.

Awesome Haruka..
Gambatte Harugon..
Go..Go..GoON...haha.
Haruka, JKT48 & Rotasi Massal Grup AKB48 Haruka, JKT48 & Rotasi Massal Grup AKB48 Reviewed by Hai on Februari 28, 2014 Rating: 5

14 komentar:

  1. Wah.. baru baca nih. Keren.. :)
    Izin share link ya. :)

    BalasHapus
  2. artikelnya mantap :) untuk fans harugon seperti saya,.

    BalasHapus
  3. wah baru nemu nih artikel
    saya fans harugon dr waktu dia msh di akb48 #gknanya ,haha
    wktu dia diumumkan pidah ke jkt sempat sedih juga ,krna saya sbelumnya kgk prnah respect ke jkt48.
    tp gara" harugon ,saya jadi respect ke jkt48, cuma idol lokal ini saja yg saya suka.
    dan itu smua berkat goooon.
    gk nyangka harugon punya andil besar dlm perubahan 48G. nyadar gk ya si gon ini,
    pokoknya tetap cinta gooon

    BalasHapus
    Balasan
    1. arigatou....
      Yah gon adalah gon.....
      meski dia gak mau di panggil gon......wakakak
      Selamata,..semoga anda tetap mjd fansnya di si harugon .....
      #gonoshi...selamanya yah.... :))

      Hapus
    2. hahah mau harugon mau harusan,
      pkoknya dia haluka org jepang yg gandut itu yg suka bangat indonesia
      wkwkwk
      #gonoshipolepel
      dibanyakin donk artikel tentang haluka #request wkwkw

      Hapus
    3. lumayan bnyx kq tema" si gon.., ttp boleh jg tuh idenya....
      okeh-okeh..liat aj nanti..

      Hapus
  4. Balasan
    1. anda pasti bukan fans harugon...hemm :D

      Hapus
    2. anda salah...saya fansnya gon juga keles..??wkwkwkwkw
      cuma bedanya ente bisa ke theater ane kagak.??

      Hapus
    3. wkwkwkwkw .....kagak punya duit ya...

      Hapus
  5. waauuu baru nemu fakta harugoonn di tahun 2018 tgl 1 oktober
    ..berarti harugon punya jasa besar bagi 48 grop dong??
    btw..kira2 honory di grop 48 gede ngga ya ?

    BalasHapus

Buktikanlah bahwa anda manusia dengan meninggalkan jejak sebaris komentar disini....('^_'^)

Get Much Smile And Blast Your Days

Sora Templates

Image Link [https://lh3.googleusercontent.com/-OAbqB96ogmw/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAADJ4/DpM__oM_ItI/s120-c/photo.jpg] Author Name [Navia Aru] Author Description [Get Much Smile and Blast Your Days] Twitter Username [https://twitter.com/ushin_yui] Facebook Username [https://www.facebook.com/navia.firkyn] GPlus Username [https://plus.google.com/u/0/103423238187966752054/posts] Pinterest Username [none] Instagram Username [none]