LATEST NEWS

[10]

Nabilah si Cerewet "Tomochin of JKT48"

Nabilah is JKT48 Tomochin....Kawaii

Wah... Saya jadi sedikit kepikiran nih, apakah karena saya membahas secara tersirat soal Nabilah dalam persaingan senbatsu ke 6 JKT48 atau karena saya membahas Nabilah seperti menggambarkan bahwa dia gak butuh bantuan fans menjadi salah satu sebab votingnya turun. Ini sedikit membebani pikiran saya juga, semoga salah satunya bukan karena saya juga yah, semoga...heee.

Kubil & Zaenab

Nah... Berhubung situasi agak sedikit runyam ini, saya merasa sebaiknya membuatkan tema khusus tentang Nabilah, kenapa saya gak pernah membahas tentang dia secara khusus dan alasan lainnya.


1. Kenapa Gak Pernah Membahas Nabilah Secara Khusus

Alasan utama mengapa di sini saya tidak pernah membahas secara khusus tentang Nabilah adalah karena ingatan saya tentang dia selalu kembali ke masa 2 tahun lalu, bahwa dia masih berumur 11 tahun, sehingga dia terlalu muda untuk di besar-besarkan, meskipun dia memang sudah menjadi artis besar dengan sendirinya.

Oleh karena itu, saya tidak berharap dia menjadi anak yang diberi beban terlalu besar melebihi umurnya sehingga menimbulkan beban mental yang bisa merusak pola pikirnya. Kejadian seperti itu banyak terjadi pada artis/penyanyi anak baik dari luar atau dalam negeri juga ada. Banyak dari mereka yang menjadi remaja yang hidupnya berantakan karena narkoba atau karena gila popularitas.."banyak buktinya"

Namun setelah saya ingat-ingat lagi, sepertinya Nabilah sebenarnya cukup mampu menjaga dirinya agar tetap menjadi anak yang baik, tetap ceria dan rendah hati, bahkan dia menjadi jauh lebih baik dari 2 tahun lalu. Mungkin karena dia di kelilingi oleh orang-orang yang baik dan bertanggung-jawab pula, sehingga dia selalu di arahkan agar menjadi orang yang positif.

Sebagai member JKT48 misalnya, dia sepertinya selalu diarahkan agar selalu menjadi lebih baik oleh member kakak Melody. Dia juga beruntung memiliki banyak teman yang saling pengertian dan baik pula dalam JKT48. Demikian juga dengan orang tuanya yang sepertinya juga melayani dia dengan memberikan porsi yang seimbang kepadanya sehingga tidak menjadi manusia sombong dan egois.


2. Siapakah Nabilah ?..

Benar, siapa Nabilah Ratna Ayu Azalia?... Mungkin banyak yang sudah lupa pertanyaan ini sehingga lupa juga memberikan voting padanya...heeeh. Nabilah adalah seorang anak yang sebenarnya cukup "NGACO" dalam perkembangan JKT48. Mungkin dari semua member JKT48 dialah member yang perkembangannya paling bisa dipelajari, karena paling terlihat perubahannya sekaligus paling terbuka juga perkembangannya. Dia juga sering dinamai Ayuchin.

Perubahan Nabilah dari anak yang "Mood-Time" menjadi "Good-Personality" seperti sekarang ini sangat terlihat jelas. Jika kita ingin mempelajari bagaimana seorang anak yang awalnya terlihat egois, nakal, semaunya, kemudian berubah menjadi anak yang lebih ber-etika, lebih sopan, lebih ter-arah dan lebih bermoral, maka Nabilah bisa kita jadikan sebagai contoh baiknya.

Nabilah juga termasuk anak yang dalam perkembangannya sangat jelas dari anak yang terlihat "mood-time" dan "egois" berubah menjadi anak yang lebih "rendah hati" dan terlihat "mampu lebih dewasa" dari umurnya. Dia bahkan mampu berperan ganda menjadi anak-remaja sekaligus menjadi remaja-dewasa dalam umurnya yang masih anak-remaja.

Di sisi lain, Nabilah juga termasuk member yang paling banyak fansnya. Dia memiliki fans yang sangat banyak di Indonesia dan luar negeri. Entah bagaimana dia memiliki fans sebanyak itu, tetapi saya yakin saat orang ingin menjadi fans baginya maka saya rasa "perasaan ingin menjadi fans bagi Nabilah pasti lebih besar dari sekedar rasa keingintahuan saja tentang dia", mengingat besar fansnya dari berbagai masyarakat.


3. Nabilah Adalah Tomochin-nya JKT48?..

Nabilah mencerminkan siapa kalo di AKB48......
Semua orang yang mengenal JKT48 pasti juga mengenal seseorang di sana yang namanya Nabilah. Saya yakin tidak ada satu orang pun fans yang tidak mengenal Nabilah jika dia sudah mengenal JKT48, kecuali bagi orang yang memang sengaja tidak ingin mengenalnya, maka pasti akan mengaku tidak kenal.

Jika diperhatikan dari beberapa sisi, maka keberadaan Nabilah dalam JKT48 ini kurang lebih sama dengan keberadaan Tomomi Itano ex-member AKB48. Baik tingkat ke-kawai-an mereka dan juga pengaruhnya bagi fans.

"Memang kepastian benar/tidak terserah masih-masing fans, tetapi bagi saya sendiri Tomochin-nya JKT48 dari dulu sampai sekarang adalah Nabilah".

Saya memang fans Tomochin sejak dari dulu, makanya saat melihat JKT48, "pointing" pertama dari pikiran saya adalah Nabilah, namun saya gak pernah membesar-besarkannya. Mengingat memang tidak perlu juga membesar-besarkanya juga agar saya tidak cepat bosan. 

Selain itu juga mengingat yang selalu akan terjadi dalam grup idol AKB48 dan sister grupnya, yang semua orang pasti tahu. Yah benar.., member yang graduate. Tomomi Itano sudah graduate dan saya hanya bisa melihatnya sebagai penyanyi solo saja sekarang...hemmm. ('~., ~

Memang dari beberapa sisi Nabilah dan Tomomi adalah dua manusia yang berbeda baik dalam kelebihan dan sifat. Tomochin misalnya memiliki kelebihan dalam bernyanyi, sedangkan Ayuchin belum lah memiliki kemampuan menyanyi sebaik Tomomi, setidaknya sampai saat ini.

Dari sifat juga mereka berbeda. Nabilah termasuk anak yang sangat ceria, bebas dan kadang gerusukan juga. Sedangkan Tomomi memiliki sifat yang sebaliknya, dia adalah member dengan pembawaan sifat yang sangat kalem dan pendiam, tidak jauh layaknya Veranda bagi JKT48.

Namun terlepas dari semua kelebihan dan perbedaan mereka, maka ke-2 orang ini memiliki "magnet" yang sangat besar bagi grupnya. Tomochin adalah ex-member AKB48 yang memiliki daya tarik sangat besar bagi fans atas personalisasinya, sedangkan Ayuchin adalah member JKT48 yang memiliki pengaruh sangat besar juga atas sifat ceria dan kharakter yang dia miliki bagi fans.

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa member yang paling berpengaruh besar bagi AKB48 adalah Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Takahashi Minami dan Mariko Sinoda dan beberapa ex-AKB48 lainnya. Anda semua benar, mereka adalah member-member AKB48 yang sangat berpengaruh besar dalam menjaga perkembangan AKB48. Terutama Atsuko (Acchan) dan Yuko Oshima adalah ujung tombak AKB48 yang memang di arahkan sendiri oleh fans.

Namun tidak demikian dengan beberapa member lainnya seperti Tomomi dan Mariko, mereka memang juga di arahkan fans agar menjadi besar, tetapi dampak mereka sebenarnya lebih besar bagi  luar AKB48 daripada ke dalam AKB48 saja. Dampak mereka sangat cocok sebagai "penjual/iklan" dalam sebuah industri.

Namun bukan berarti mereka tidak memiliki dampak bagi tim yah, karena Tomochin misalnya adalah patokan juga bagi sebagian besar member AKB48 dan bahkan sister grupnya. Dia adalah salah satu trendsetter dalam AKB48 untuk beberapa katagori bagi member AKB48 agar diakui kawai oleh fans.

Tetapi meskipun begitu khusus Tomomi Itano jika diperhatikan secara keseluruhan memang tidak memberikan perubahan yang sangat signifikan bagi perkembangan AKB48, karena dia memang jarang menjadi pemimpin bagi AKB48, Tetapi keberadaanya dalam AKB48 saja sudah cukup memberikan "magnet" tersendiri dalam memancing rasa keingintahuan yang besar dari fans terhadap Grup AKB48.

Nah.. demikian juga dengan keberadaan Ayuchin dalam JKT48. Nabilah adalah member JKT48 yang kurang lebih posisinya juga sama dengan Tomochin dalam AKB48. Nabilah sebenarnya juga tidak memberikan pengaruh besar dalam perkembangan JKT48, karena dalam grup JKT48 sudah ada member-member yang lebih mumpuni mengatur jalannya perkembangan grup JKT48 dalam permusikan Indonesia, seperti Melody, Kinal, Beby, Shania dan Ve misalnya.

Namun jangan lupa, posisi Nabilah sangat persis sama seperti Tomomi juga, Keberadaan Nabilah dalam JKT48 saja sudah memberikan "magnet" tersendiri bagi para fans atau calon fans tentang apa itu grup idola JKT48 dan semenarik apakah grup idola JKT48 itu?...

Awalanya saya juga berpikir bahwa ada kemungkinan juga Nabilah itu lebih mirip dengan Mariko ex-AKB48, karena sifatnya yang cukup ceria juga. Namun dari beberapa faktor, jika saya pertimbangkan lagi maka member yang paling menggambarkan Tomomi Itano hanyalah Nabilah saja. 

"Mereka berdua menyiratkan kata "kawaii yang di atas rata-rata" dibandingkan member lainnya dan mereka berdua juga memiliki "X-Factor" lebih besar dari member lainnya, yang mampu memancing rasa keingintahuan lebih besar pula dari fans."

Sekali lagi, terlepas dari perbedaan kelebihan dan perbedaan sifat antara Nabilah dan Tomomi ex-AKB48, namun secara keseluruhan ke dua orang ini memiliki "magnet" dan "pengaruh besar" dalam menarik minat fans dan pasar musik untuk melihat apa itu grup AKB48/JKT48.

Itu jugalah sebabnya saat Tomomi Itano lulus dari AKB48, ada sedikit perasaan malas juga dari saya melihat AKB, bukan karena AKB48 sudah tidak menarik. Sama seperti orang lain juga, bagi masing-masing fans kan pasti ada "pemantik" atau "kunci" dalam menyukai sesuatu. Dan bagi saya untuk menyukai AKB48 itu cukup Tomomi Itano saja.

Lalu bagaimana dengan JKT48. Nah kurang lebih sama juga dengan pemantik daya bagi AKB48, "pemerciknya cukup Nabilah" saja. Saat melihat Nabilah maka beberapa faktor JKT48 langsung muncul dalam pikiran. Jadi bagi saya Nabilah adalah Tomomi-nya JKT48.


4. Kelebihan Nabilah

Nah.. inilah sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dibahas, karena kelebihan Nabilah adalah dirinya sendiri. Dialah Nabilah seorang anak yang "ceria" tetapi "ngaco", yang awalnya sembarangan dan "mood-time" kemudian berubah menjadi anak yang "good-Personality" dan lebih dewasa.

Kembali lagi, "jika kita ingin melihat bagaimana seorang anak yang awalnya terlihat kurang sopan, sembarangan, agak manja dan gerusukan berubah menjadi anak yang lebih terlihat baik, lebih ter-arah, lebih rendah hati, maka Nabilah lah orangnya."

Memang sih beberapa sifat "ngaco"nya tetap masih ada, seperti sifat grusukan, kegilaan dan sifat "ngaco" lainnya memang masih ada, karena dengan sifat itulah di lebih menarik dan terlihat berbeda, tetapi setidaknya sifat negatif nya berangsur-angsur sudah mulai lenyap seperti sifat "mood-time" dan "egois"nya yang berganti menjadi sifat yang lebih dewasa, rendah hati dan "good-personality".

5. Beberapa Video Perkembangan Nabilah

Tatapan menakutkan

Nyanyi lagu Sincan

 
Cerewet kebangetan

Say thanks & semangat
Nabilah si Cerewet "Tomochin of JKT48" Nabilah si Cerewet "Tomochin of JKT48" Reviewed by Hai on Maret 26, 2014 Rating: 5

13 komentar:

  1. Wah pendapat mimin mirip dengan pendapat adek saya. Dulu adek saya yang mengenalkan saya pada JKT48. langsung deh si dek Nabilah menarik mata saya. Terus, perlahan otak saya di susupi sama hal-hal berbau JKT48 oleh adek saya. Terus suatu hari saya liat video AKB48 terus di bilangin deh sama adek saya Tomochin itu Nabilah nya AKB48. dan penjelasan di atas mirip benar sama apa yang dikatakan adek saya.

    Semenjak Tomochin dan Maririn grad saya malah tertarik sama HKT48. Yup, disana ada Meru yang menjadi magnet bagi saya juga Sakura dan Haruka Kodama juga sih. Hehe2014x. Intinya saya sekarang sudah move on dari AKB48 ke HKT48. oh yah, di NMB48 juga saya ada oshi. Miory Ichikawa. Si fresh lemon yang juga di lempar dari AKB48. yang lagi-lagi membuatku benar-benar move on. Sorry yah min jadi Curhat nih !!! Haha2014x

    BalasHapus
  2. Iya gan Tomochin.... ('~,.

    Klo saya sih masih ada oshi di AKB48 gan... Kan ada Rena Nozawa & Akhica...haha
    Selain itu sih ada juga Takeuchi Miyu.... yang terlahir sebagai manusia suci...haha
    Saya juga masih cukup suka sama Black Heart Kashiwagi Yuki...
    Akhirnya di AKB48 saya jadi fansnya Tim B, karena semuanya ada disana tuh...hahaha

    Klo HKT saya memang belum ada oshi, cuma dari semua sister grup jepang memang HKT yang paling bagus saat ini, mungkin karena masih fresh kali ya gan...

    Koq kita bisa sama ya gan...hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tim B !!!! Ada Mayuyu juga kan sekarang di tim B ? Kalo Rena sama Akicha, iya saya juga suka secara mereka pernah jadibagian dari JKT juga kan!

      Hapus
    2. koq tau...hahah,
      benar Tim B akb paling membuat kepo sekarang...

      Hapus
  3. saya hampir sepenuhnya setuju gan ame postingan agan....but Ayuchin is Nabilah dan Nabilah is Ayuchin (eh sama aja ya maap) dia masih seorang gadis cilik dan saat ini masih memegang rekor sebagai Member yang paling muda saat terpilih masuk di 48G (umur 12 tahun masuk sebagai member JKT48 padahal syarat umur di 48G adalah 13) biarkan dia dewasa dengan seiringnya waktu...mungkin Staf JOT dan Mr.Aki.P juga sudah memikirkan ini...dengan X-Factor nya dia dapat mengaet begitu banyak Fans..tapi tidak terlalu di eksplorasi karena (agan pasti tau cepatnya fase kebosanan Orang Indonesia terhadap sesuatu itu cepet banged)..dan dengan umurnya yang masih muda sekali talent dan kharisma serta skill akan terus di asah di JKT48 step by step lagipula di di sana dia di kelilingi oleh "Senpai" seperguruan yang punya segudang kelebihan (contoh : Kharismatika dan Etika di poles oleh Melody, Skil olah vokal di asah oleh Sendy,Sonia(sayangnya cc Stella dah grad),,Skill dance di mentori langsung Beby, estetika dan fashion di tangani langsung oleh Ve, leadership di tempa sama Kinal,Mental di gemleng oleh Rica,Gaby,Ghaida serta banyak lagi dari member lain yang tidak dapat saya sebutkan 1-1 capek nulisnya Bro..eheheeh) hinga ketika waktunya nanti keyakinan saya dan beberapa Fans dede' sejuta umat ini akan menjadi Idol yang Sempurna ( walaupun ga 100% no budy can be perfect 100%)) dan mungkin akan menjadi Centre selanjutnya dan next face of JKT48... Mr.Aki.P mungkin sudah menskemakan seperti itu dari awal (saya tidak meragukan Mr.Aki.P dalam hal ini) itulah mengapa dia dari awal terbentuknya JKT48 Nabnab aka Bibil hampir selalu di sorot...nah sekarang kita Sebagai Fans tingal melihat perkembangan ade' kita satu ini... untuk posisi Puncak saat ini saya pribadi tidak terlalu muluk" Kubil ( Pangilan nya banyak) bisa jadi Center, masuk Kami-7 ala JKT48 aja sudah cukup puas...dan soal kalender senbatsu menurut beberapa Fans (entah di sengaja atau kebetulan) voting di pas" in biar posisinya sama dengan bulan kelahiran nya Nabilah...biarkan Ayuchin tetap menjadi Misteri dan tetap menjadi kelinci yang apa adanya agar FansBase yang begitu besar tidak bosan dan tetap mendukung Oshi sejuta Umat..sekarang kesempatan untuk member yang lebih dewasa mengeksplorasi kemampuan mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. usia 11 thn si zaenab jd member JKT gan... :D
      krn JKT48 dibentuk 11 sept 11.... & fix member JKT terbentuk tgl 2 November...

      Nah...tahu fakta ini gak:
      - JKT48 dibentuk: 11-9-11 .....
      - Nabilah Lahir :11-11-99........wkwkwk

      Hapus
    2. mhhh..11 ya gan... wah kl gt ntah sampe kapan ada yg mecahin rekorna di 48G...ane tauna pas di perkenalkan di publik Jepang umurna Jenap 12th...(ane taunya 12 tahun gan)....thx infonya...

      Hapus
    3. ternyata dr dulu dah pecah gan...atsuko maeda masuk AKB ternyata umur 11 tahun...
      bahkan ada Ota Yuri yang masuk NMB sat berumur 10 tahun..hayooh

      Hapus
    4. Acchan 11 Tahun....hemmm baru tau yg ini...
      soalnya lihat dari semua literatur akb48 yg pernah saya baca (yg pernah sy baca loh ini) Acchan saat audisi umurnya 14 tahun.... itu juga ada di documentary-nya akb48...

      maklum fans pendatang baru hehehehehehhe jadi pengetahuannya dikiiit bgt

      Hapus
    5. menyenangkan klo ada yang cari tau yah... jadi tau klo salah... :D

      Seingatku mo nulis mayuyu yg 11 tahun saat itu, meski aslinya salah juga sih.. :D, cos mayuyu jd idol seangkatan haruka saat dia 12 tahun dan haruka 14 tahun..

      Nah, ingatan kan kadang nge-link kesana kemari... karena acchan & haruka satu sekolah ( mereka teman dekat dan sama2 14 tahun).

      Jadi mkn teringat banyak hal saat itu, jadinya salah tulis acchan deh... Sorry, meski mayuyu jg salah sih sebab dia mulai jd idol saat berusia 12 tahun jg.... wkwkwk.

      member termuda AKB48-sister itu Oku Minami dan Jurina Matsui yg langsung debut saat berusia 11 tahun... yg lebih muda banyak al: Yuuri Ota yg jd traini NMB sejak berumur 10 tahun..

      Hapus
  4. Dari awal gue liat nabilah mah gue malah keinget sama oshima yuko. Mereka lebih mirip. Dari segi sifat yg sama sama cerewet dan suka ngelakuin hal hal konyol terus sama sma punya gigi gingsul gitu. Nabilah juga posisi nya juga sama kek yuko di flying get sama beginner. Terus pas nonton akbingo akb vs jkt si harugon sendiri juga bilang klo yuko lumayan mirip sama oshima yuko. Hehehe just my opinion that i want to share too

    BalasHapus

Buktikanlah bahwa anda manusia dengan meninggalkan jejak sebaris komentar disini....('^_'^)

Get Much Smile And Blast Your Days

Sora Templates

Image Link [https://lh3.googleusercontent.com/-OAbqB96ogmw/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAADJ4/DpM__oM_ItI/s120-c/photo.jpg] Author Name [Navia Aru] Author Description [Get Much Smile and Blast Your Days] Twitter Username [https://twitter.com/ushin_yui] Facebook Username [https://www.facebook.com/navia.firkyn] GPlus Username [https://plus.google.com/u/0/103423238187966752054/posts] Pinterest Username [none] Instagram Username [none]