LATEST NEWS

[10]

"Next Pop-Up" Member JKT48


Ini dulu yah, untuk masing-masing membernya entah kapan, saya juga gak tahu dan mungkin juga gak jadi.. jadi mari kita bahas tema sederhana ini aja yah...

Sedikit penilaian bagi para member JKT48 yang menurut saya kurang terlihat selama ini. Saya merasa dengan adanya persaingan senbatsu seperti sekarang membuat para member yang selama ini cukup diam semakin berani menunjukkan dirinya. Beberapa member bahkan terlihat mulai terbuka dan semakin mudah dikenali keunikannya.

Di bawah ini sedikit penilaian, khusus bagi member-member yang kurang mampu mengekplorasi dirinya yang mulai mencari identitas dan sebagian sedang menunjukkan identitas dirinya atau sebagian malah menghilang dari radar, sebagaimana penjelasan berikut.

Member yang Belakangan Terlihat  Intens Dalam Mengeksplorasi Dirinya

1. Natalia
Dari semua member JKT yang sebelumnya kurang mampu mencoba mencari identitas dirinya, mungkin dia adalah salah satu yang paling terlihat melakukan eksplorasi akan potensi kelebihan yang dia miliki.

Beberapa kali dia share gambar di twitter yang menurut saya keren, bahkan ada satu gambar di mana dia justru malah mirip Rica Leyona. Gak tahu bagaimana caranya, yang pasti cukup keren.

Dia juga terlihat lebih alami "gak terlalu berharap", tetapi memang itu yang dibutuhkan dalam sebuah perubahan agar terasa berarti dan terlihat menarik. Sesuatu yang dilakukan dengan memaksa dan buru-buru akan terlihat jelek dan umumnya dilewati oleh fans.

Dengan perkembangan yang dia lakukan sekarang, maka dia akan segera menjadi member yang semakin menarik saja kan, setidaknya jika dia terus menggali potensi dan keunikannya.

2. Dwi Putri Bonita
Bonita "Uty" adalah salah satu member yang belakangan paling intens share pemikiran dan juga promosi akan dirinya. Dia sering muncul di mana-mana juga...heeeh "twitter dan G+ maksudnya".

Memang sejujurnya dampaknya kurang gress sih, karena memaksakan sesuatu itu tidak akan menarik dan bukan terlihat sebagai kelebihan dan keunikan, tetapi malah menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Butuh ketulusan dan sedikit make-up juga dalam sebuah tindakan, sehingga bagi Uty semoga semakin sabar dan lebih mengenal dan menggali kelebihan diri dulu yah, sebelum share sesuatu.

Memang tidak akan salah berbagi sesuatu kepada banyak orang terutama fans. Namun ibarat pisau, jika kurang tajam, maka akan susah memotong ayam dan kasihan ayamnya tersiksa kan..ya gak!

3. Nadila Cindi Wantari
Nah..Nadila justru sekarang terlihat adalah kebalikan dari Bonita, jika sebelumnya Nadila mengeksplorasi potensi dirinya dengan sangat intens, tetapi dampaknya kurang gress juga karena terasa memaksa dan buru-buru maka sekarang berbeda.

Sekarang Nadila terlihat lebih tulus dan alami dalam berbagi akan potensi dirinya, bahkan kadang terlihat terlalu lepas. Namun jangan salah karena justru dengan begitu dia semakin menarik saja.

Jika sebelumnya saya sering malu melihat ide promosi dirinya di sosmed, maka sekarang saya justru mencari ide apa lagi yang ada dalam kepalanya yang bakalan dia share ke fans... curious enough for me...hehe

"Berbagi dengan harapan secukupnya itu sering lebih mengena di hati"

Bahkan akhir-akhir ini Nadila berani menunjukkan story dirinya sejak masih kecil. Dia yang selama ini terlihat maksa banget sekarang menjadi terlihat biasa saja. Namun karena dia terlihat menunjukkan dirinya secara biasa saja dan alami, justru membuat dia terlihat lebih menarik bagi fans.

"Sesuatu itu memang sering lebih menarik tanpa polesan apapun"

Saya berpikir Nadila juga akan semakin menarik saja bagi fans, asalkan melakukan segala sesuatunya "seperti saat ini", di mana dia terlihat biasa saja tetapi tulus.

"Ada manusia yang lebih menarik saat dia terlihat biasa saja/alami dan apa adanya, tetapi aja juga manusia sebaliknya"

Nah..dari pantauan saya sejauh ini, Nadila adalah salah satu member JKT48 yang akan lebih menarik hanya jika melakukan segala sesuatunya secara "biasa saja/alami tetapi tulus dari hati

4. Lidya Maulida Djuhanda
Lidya akhir-akhir ini juga terlihat semakin berani mencoba identitas baru bagi dirinya. Untuk saya sendiri Lidya terlihat semakin menarik saja, karena sejauh ini dia berhasil menunjukkan potensi tersembunyi dirinya.

Dia ternyata mampu menjadi banyak hal juga, padahal dari sudut manapun dari dirinya yang terlihat hanya sebuah kata serius dan juga terlihat sangat jaim. Namun secara tidak terduga dia mampu menggancurkan tembok pembatas tersebut. Sungguh sebuah pencapaian besar menurut saya...heemm

Sekarang dia terkadang mampu terlihat lucu, kadang imut dan juga serius seperti aslinya. Saya yakin dia juga sudah mampu membuat "gemes"  fans juga karena ternyata memang mampu melakukan banyak hal yang yang menurut saya agak mustahil bagi cewek lain...cukup hebat kan...heemm

Nah..Semoga Lidya juga bisa berjalan dalam jalur yang dia buat sendiri tanpa harus memaksakan seperti orang lain. Namun jadilah diri sendiri seperti sekarang yang mampu menjadi sesuatu yang baru tetapi alami.

5. Delima Rizky
Delima juga sepertinya mulai berani "lepas" dalam eksplorasi dirinya, meskipun menurut saya dalam beberapa point dia masih terlalu "mementingkan pendapat orang lain" sehingga kurang menarik. Semoga kedepannya dia bisa lebih berani dan tidak setengah-setangah menujukkan jati dirinya atau lebih all-out juga...ya gak

"Jangan takut menujukkan identitas diri sendiri, karena yang paling berhak menilai seseorang hanyalah diri sendiri dan Tuhan maha pencipta saja"

Memang butuh proses agar menjadi lebih baik. Saya juga selalu menulis dan memikirkan banyak hal sebagai sebuah proses menguji pemahaman saya akan banyak hal juga dalam kehidupan ini dan memang sangat sulit, tetapi juga sangat menarik saat semuanya sesuai atau setidaknya mendekati apa yang saya harapkan.

6. Beby Chaesara Anadilla
Khusus Beby.., saya cukup senang dia mulai berani bermain dengan kata-kata dan melucu juga...hahaha. Selama ini kan, Beby cukup jaim dan malu-malu cecak ya...wkwkwk. Namun sekarang ini Beby justru semakin berani all-out juga dalam mengekspresikan sesuatu layaknya Nabilah, Kinal dan Shania....heeeeh.

Beby juga kadang terlihat lucu dan membuat gemes fans juga pastinya... heeem. Saya rasa dia sudah mampu melakukan perubahan penting dari dalam dirinya agar terlihat lebih baik, lebih menarik dan lebih oke bagi dirinya sendiri dan fans.

Memang, ada satu hal yang "maaf" terlihat kurang darinya sejauh ini, yaitu masalah berat badan. Saya merasa Beby sebaiknya segera menambah berat badan sekitar 1-2 kg lah, supaya terlihat agak kaku.

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa Beby justru butuh terlihat kaku, bukannya sekarang dia jauh lebih baik?.. Tentu saja jawabannya adalah karena dia terlalu ringan, sehingga gerakannya sering terlihat terlalu cepat dan kadang "aneh".

Contoh paling mudah adalah saat dia melakukan gerakan sun dalam KFC, dia terlihat terlalu cepat dan juga aneh. Padahal ada beberapa gerakan itu justru lebih WAOO justru saat terlihat "biasa saja", bahkan terkadang jauh lebih bagus saat terlihat "malas".

Menurut saya, sejauh ini problem Beby hanyalah bagian kecil ini saja, namun dampaknya sangat besar. Kadang saat melihat Beby melakukan gerakan sun tersebut, saya sampai keringat dingin melihatnya, karena gerakannya terlihat agak aneh.

Nah.. Dengan perbandingan terhadap beberapa member JKT lainnya, justru terasa bahwa member yang lebih kaku dan agak berisi malah terlihat lebih menarik saat membawakan gerakan sun, seperti Frieska & Rachel misalnya.

Pada saat Frieska dan Rachel membawakan gerakan sun tersebut, mereka berdua justru terlihat malas, tetapi anehnya malah lebih menarik dan terlihat alami.

Atau member yang agak berisi seperti Haruka dan Nabilah juga lebih menarik untuk gerakan yang butuh pengaturan harmonisasi, Khusus Haruka biasanya terlihat biasa saja dalam gerakan itu, namun tetap masuk dalam katagori standar (tidak berlebihan/tidak kurang).


Member yang Mengekplorasi Dirinya Tetap Seperti Biasanya 

1. Priscilla Sari Dewi
Perkembangan Sisil sejauh ini juga tetap seperti biasanya. Dia tetap meyakinkan bermain dengan kata-kata dan juga selalu lucu., karena memang sudah kharakternya seperti itu di mana dia sepertinya cukup pintar bermain dengan kata-kata dan berakting.

Jika melihat kelebihannya saat ini, saya yakin dari semua member JKT48 yang ada sekarang, maka dialah yang kelak menjadi member pertama JKT48 yang akan sukses bermain di film komedi layar lebar, mungkin...hehe, tetapi tentu saja asalkan dia bisa terus belajar berakting dan semakin lucu juga kan...

Saya ngak tahu apakah pendapat saya ini bisa diterima apa tidak, tetapi dari semua member JKT48, dialah yang paling pintar bermain dengan kata-kata, sehingga tidak salah rasanya jika kelak dia bisa menjadi artis lucu dengan peran mirip Nikta Gina.

2. Shinka Juliani
Shinka juga sepertinya tetap seperti biasanya saja atau malah mungkin ada penurunan dalam menunjukkan potensi dirinya, sepertinya karena mendekati ujian sehingga dia lebih serius belajar dan mengurangi bermain-main seperti berselancar dalam media sosial misalnya.

Harapannya Sinka juga harus segera memahami dan memanfaatkan keunikan yang dimiliki olehnya, karena akan sangat sia-sia sekali jika potensi dan kelebihan yang dimiliki tidak segera dimanfaatkan, apalagi hanya karena alasan malu dan takut saja. Sungguh merugi nantinya kan..!!

Suatu kelebihan akan menjadi tumpul, basi dan karatan jika tidak digunakan dan diasah dari waktu ke waktu. Bahkan kejeniusan seseorang pun bisa berkurang ketajamannya jika jarang digunakan, apalagi hanya sebuah keunikan saja... Benar tidak?... benar ajalah yah...:D

Semoga mulai sekarang Sinka mampu menguasai keunikan dan potensi dirinya. Jangan sampai untuk melakukan apapun selalu berkaca kepada orang lain, karena belum tentu orang lain lebih baik kan..?

Kalo bisa orang lain lah yang seharusnya berkaca pada kita. Inilah gunanya seseorang memiliki kelebihan dari orang lain. Selain untuk membantu memperbaiki harga diri sendiri, juga sebagai pedoman dan pemberi semangat bagi banyak orang.

"Ingat waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali, kecuali di film kartun saja"

Oleh karena itu Sinka bersegeralah mengenali potensi diri dan begegaslah menggunakannya. Karena ibarat pisau, jika tidak pernah digunakan dan juga jarang diasah maka pasti menjadi tumpul dan karatan.

Dan bila dibiarkan terlalu lama tidak digunakan sesuai fungsinya, maka pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan susah juga mengasahnya kembali karena sudah berkarat, bahkan bukan mungkin tidak berguna lagi.

Oke Sinka, kamu pasti bisa melampaui harapan banyak orang dengan potensi dan kelebihan yang kamu miliki sekarang. Bersegeralah memanfaatkan kelebihanmu, karena orang yang tanpa kelebihan sepertimu pun mampu, maka apakah kamu termasuk golongan pecundang?..

"Bagi orang yang memiliki kelebihan (pintar, cepat, kuat, hebat) jika berhasil menggapai mimpi adalah kejadian biasa, Namun bagi orang yang biasa saja dan tidak memiliki kelebihan jika berhasil menggapai mimpi adalah kejadian hebat"

Nah.., Sinka. Apakah kamu rela menjadi manusia pecundang dengan segala potensi dan keunikan yang kamu miliki saat ini.. so don't be late night...

3. Thalia
Untuk Thalia saya pernah mengatakan kalo dia memiliki sisi lucu juga, tetapi saya lupa menuliskan kenapa dia termasuk lucu. Nah satu alasan kecil kenapa dia masuk katagori lucu adalah karena dia memiliki ciri wajah mirip Cici Panda. Sehingga saya yakin dia juga bisa melucu.. :D

Bagi Tata perlu diketahui bahwa melucu tidak selalu harus menjatuhkan harga diri, tetapi lebih sering bermain dengan kata-kata, timing dan pemahaman dan juga mengasah kepekaan otak atas seluruh pengetahuan yang pernah dipelajari, apapun itu.

Cukup banyak lo komedian yang selalu melucu tanpa harus menurunkan harga dirinya seperti Komeng dan Andre. Komeng misalnya adalah pelucu yang selalu konsisten dengan ciri khasnya yaitu "jahil & tidak mau kalah".

Sebenarnya selain memiliki sisi lucu, tata juga menurut saya memiliki sisi unik dalam dirinya. Saya gak tahu apa istilahnya. Terkadang dia terlihat mirip Haruka dari beberapa sisi, namun sering juga dia mengingatkan saya pada Octi, yaitu berwajah serius tetapi memiliki "charm lucu"

Nah.., Untuk Tata semoga kamu semakin mengenali identitas dari dalam dirimu yah. Saya yakin kamu memiliki sisi lucu juga, tetapi semua terserahmu juga sih, mau mengembangkan potensi dirimu yang mana. Yah..kamu juga kawaii sih...hemm...hahaha


Member yang Terjadi Penurunan Intensitas Eksplorasi Akan Kelebihannya

1. Sonia Natalia
Untuk Sonia belakangan terlihat makin menghilang saja. Ngak tahu apakah ini bagian dari dampak bahwa sang kakak Stella telah lulus atau tidak, tetapi sejauh ini dia terlihat semakin tidak terlihat seperti menghilang di tengah pesta.

Dia juga kurang/jarang menujukkan dirinya lagi di sosmed. Sangat jarang dia terlihat blak-blakan share info atau gambar di Twitter, apalagi di G+. Kondisi ini sangat berpengaruh atas imagenya terutama bagi fans setianya .

Jika dia terus-menerus menghilang dari radar fans, maka saya yakin dia akan benar-benar terbenam dan fans bahkan akan melupakannya dengan segera seperti mengedipkan mata.

Bahkan menurut saya dari semua member JKT saat ini, Sonia adalah member yang paling tidak dikenali oleh fans kecuali bagi fans yang sering ke teater saja. Sungguh akan sia-sia jika dia tidak bergegas mengenali kelebihannya sebagai member JKT.

Semoga Sonia juga bisa segera menarik dirinya dari lubang persembunyian dan menyakinkan dirinya bahwa dia juga pastinya juga mampu melakukan yang terbaik, lebih mempersona bagi fans dan lebih all-out juga ya...

2. Rica Leyona
Nah.. Khusus Rica saya punya beberapa catatan yang mungkin bisa menjadi bahan pemikiran baginya, mungkin jika dia ngak sengaja singgah diblog ini yah.. ngarep nih yeee....hhohoh.

Harapannya Rica mampu segera mengenali dan mengeksplorasi potensi dirinya, karena akan terlalu terlambat baginya jika tidak segera berbenah diri dan mengangkat mimpinya, mengingat dia adalah member tertua dalam tim JKT.

"Mimpi hanyalah sekedar mimpi tanpa melakukan apapun"

Beberapa catatan khusus tentang Rica adalah;
- Kenali Siapa Fansmu : Ini adalah point yang sangat urgen bagi Rica. Dia adalah salah satu member JKT yang memiliki banyak sekali fans loyal dari Jepang. Nah..jika sudah memahami ini, maka kira-kira apa yang akan kamu lakukan Rica?.... Coba pikirkan!!. 
- Berat Badan: Nah.. Sejauh ini ada 2 member JKT48 yang terlihat kurang sehat dari segi berat badan, yaitu Melody dan Rica. Khusus Rica menurut hemat saya sebaiknya menambah berat sekitar 1-2 kg lah. Melihat penampilannya sekarang membuat saya berpikir. "apakah gunanya seorang manusia itu hidup ?".. heeeh...hahaha
Dia terlihat terlalu kurus dan "maaf nih, hanya memberikan advice saja, tidak ada niat merendahkan". Bagi saya sendiri dia sama sekali tidak menarik, kecuali wajahnya saja saat yang cukup manarik untuk dilihat, karena dia terlalu kurus dan terlihat lemah. 
Memang Melody juga cukup kurus, namun kurusnya Melody cukup bisa dimaknai seperti dia memiliki pekerjaan yang cukup menyita energi dan dia juga sedang melakukan tugas akhir perkuliahan. 
Memang cukup wajar jika Melody terlihat kurus, meskipun menurut saya Melody juga ada baiknya menambah berat badan untuk alasan kesehatan, proporsionalitas fisik dan juga agar lebih bertenaga saat perform. Kasihan badan gak diberi makan...khaha
Nah...bagi Rica, saya tidak berharap dia sampai harus terlihat Bohay juga yah...heheh, tetapi hanya agar dia lebih bertenaga dan terlihat lebih menarik saja. Mungkin dia bisa menambah barat badan setidaknya 1-2 kg. 
Saya bisa membayangkan dia akan terlihat bertenaga dan menarik, baik dari segi gerakan, penampilan dan juga proporsionalitas fisik, karena selama ini dia terlihat seperti kurang gizi dan saat melihat dia perform, saya selalu khawatir dia akan pingsan saat show selesai . 
- Tunjukkanlah Kelebihan Dirimu: Nah..ini adalah point yang juga sangat penting menurut saya. Bahkan mungkin paling penting, mengingat member JKT48 dengan usia paling tua adalah dia. Jadi kapan lagi dia bisa menunjukkan potensi dirinya kalo tidak mulai sekarang...ya gak!.
Masuk Senbatsu bukanlah segalanya Rica, tanpa masuk Senbatsu pun jika kamu memang terlihat unik dan berusaha memanfaatkan semua potensi yang kamu miliki "potensi sekecil apapun itu", maka itu jauh akan lebih berharga daripada hanya sekedar masuk senbatsu "Karena ini masih JKT48, belum skala AKB48.."
Sangat banyak member AKB yang jangankan masuk Senbatsu, mungkin mimpi pun tidak selagi para top ranking member masih bermukim di AKB, tetapi jangan salah mereka jauh lebih dikenal luas di Asia ini seperti Kato Rena (mungkin saja mereka berharap para top member cepat-cepat lulus semua...khahaha) 
"Ingat waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali, kecuali di film kartun" 
Sejauh ini, point inilah yang sama sekali jarang dia lakukan, kecuali wajahnya saja yang memang cukup menarik, sehingga seharusnya dia menunjukkan potensi diri yang mudah "terlihat & dirasakan dengan hati". 
Bukan kelebihan seperti menyukai kopi misalnya. Bukan kelebihan seperti itu yang menarik, tetapi charm dan keunikan yang keluar dari dalam diri, itu yang yang menarik.
- Jangan Terlihat Stress: Rica juga sebaiknya lebih rileks dan jangan terlihat "bingung". Kasus yang sama dulu cukup lama terjadi pada Dhike, tetapi sekarang dia jauh lebih rileks meskipun memang masih terlihat dingin, karena itu memang sifat aslinya "dengan sifat itu Dhike berbeda dengan member lain"
Semoga Rica juga bisa lebih sering tersenyum dan jangan takut disebut orang gila walaupun kita terlalu sering tersenyum atau tertawa sendirian pada jam 12 malam sekalipun. Selagi kita masih mampu menilai diri kita sendiri, maka belum tentu gila kan....hhahah.  
Nah.. Semoga Rica bisa segera meng-upgrade hati, fisik dan all-out juga yah..

3. Noella Sisterina
Khusus Noella menurut saya dia sedang melakukan penjajakan akan kelebihannya "itu bagus". Namun karena terlalu lama mencari potensi diri sehingga terlihat diam dan hilang. Dalam video promosinya dia mengatakan dia menyukai musik dan gitar.

Nah menurut saya, jangan terlalu lama berpikir dan mencari. Lebih baik menggunakan bahan apapun yang ada di depan anda. Jika tidak ada di depan, maka carilah di sebelah kita. Jika tidak ada juga maka gunakan yang di belakang kita dan bila tidak ada juga, maka cari yang paling dekat yang bisa digunakan.

Jangan mencari sesuatu yang terlalu jauh dari jangkauan kita karena pasti akan membuang-buang waktu dan tenaga. Apalagi jika mencari sesuatu yang belum terlihat, maka bisa gagal sebelum berbuat sesuatu...Benar tidak?..

Jadi tunjukkanlah skill dalam bermain gitar misalnya atau keunikan lain yang kamu punyai. Tidak akan ada orang yang kecewa, karena itu adalah keunikan dirimu sendiri. Jika orang tidak mampu menikmatinya, maka setidaknya kamu bisa menikmati sendiri kan...serta jadilah dirimu sendiri, karena pasti lebih menarik.

4. Alicia Chanzia Ayu Kemaseh
Nah.., Saya tidak tahu ada apa dengan dirinya, namun Acha belakangan ini justru mendadak menghilang dari radar. Padahal saya pernah membahas khusus tentang keunikan dia juga di sini. Saya tidak tahu apakah dia mengalami momen malas dan bosan...emang bakwan goreng...khehe

Acha sebenarnya memiliki kharakter yang mirip Cleo ex-JKT, maka pastinya dia juga menarik seandainya dia tetap seperti sebelumnya yang selalu blak-blakan dan grusukan juga dalam kesehariannya.

Dia jauh lebih menarik jika dia terlihat percaya diri meskipun salah. Dia juga memang membuat gemes fans jika dia menjadi dirinya sendiri yang terlihat sangat menyakinkan dan bersungguh-sungguh, karena dia memiliki pembawaan yang lucu dan berbeda dari member JKT lainnya.

Tidak banyak orang yang memang memiliki keunikan tersendiri dalam dirinya yang langsung terlihat tanpa perlu melakukan ekplorasi, dan Acha adalah salah satunya. Dia memiliki keunikan yang langsung terlihat tanpa perlu capek-capek menggali potensi dirinya.. Sudah langsung terlihat.

Nah..Acha semoga kamu tidak menjadi pecundang juga yang jelas memiliki keunikan jelas, tetapi kalah kepada orang yang berusaha keras memunculkan potensi dan keunikan mereka...okay

5. Frieska Anastasya Laksani
Khusus Frieska adalah salah satu member JKT48 yang paling saya tidak mengerti sejauh ini. Dia memang dikenal sebagai salah satu member JKT yang memiliki sifat acuh-tak-acuh. Sehingga memang tidak aneh jika dia kurang terlihat.

Gak tahu apakah saya benar atau tidak, menurut saya sebenarnya dia termasuk cewek yang lembut tetapi juga kuat, namun karena dia terlalu diam, maka menjadi sangat susah memahami tentang dia. Mungkin dia cocok jadi spy kali yah...kahaha.

Biasanya meskipun seseorang itu pendiam dan dingin, tetapi akan tetap bisa dinilai seperti Veranda dan Dhike misalnya. Mereka tetap cukup mudah dimengerti akan keunikan mereka, meskipun jarang terlihat agresif seperti Nabilah atau Kinal.

Semoga Frieska juga bisa lebih menunjukkan jati dirinya. Jangan menjadi member JKT48 yang selalu tidak terlihat, kecuali itu memang niat saat mendaftar menjadi member JKT48, dimana memiliki kharakter yang tersembunyi. Jika begitu maka saya yang salah...hohoh

Sedikit tambahan akan "penilaian sekilas" member JKT48 sekarang, semoga bukan sebuah kesalahan yah. Hanya berharap memotivasi semua member agar lebih menggali potensi diri. Kurang lebih kira-kira seperti berikut ini.

Tim J:
1. Melody
2. Kinal, Veranda, Haruka, Shania
3. Nabilah, Beby, Ayana, Dhike, Jeje, Ghaida, Sendy
4. Gaby, Frieska, Vanka, Rachel, Rica, Sonia, Delima

Tim K-3 :
1. Naomi, Ratu, Rona
2. Yupi, Della, Ikha, Yona, Hanna, Nadilla
3. Shinka, Alicia, Natalia, Thalia, Lidya, Noella, Bonita, 

Traini:
1. Sisil, Nobi, Dena
2. Saktia, Shafa

Akhirnya saya hanya bisa mengatakan.."Saya ngantuk, mo tedung dolo aah...hahah". Semoga bisa memberikan sedikit hal baru bagi member dan kita fans juga yah...:D

Keep Fight all JKT48 member..
Thkvs..

"Next Pop-Up" Member JKT48 "Next Pop-Up" Member JKT48 Reviewed by Hai on April 15, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Buktikanlah bahwa anda manusia dengan meninggalkan jejak sebaris komentar disini....('^_'^)

Get Much Smile And Blast Your Days

Sora Templates

Image Link [https://lh3.googleusercontent.com/-OAbqB96ogmw/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAADJ4/DpM__oM_ItI/s120-c/photo.jpg] Author Name [Navia Aru] Author Description [Get Much Smile and Blast Your Days] Twitter Username [https://twitter.com/ushin_yui] Facebook Username [https://www.facebook.com/navia.firkyn] GPlus Username [https://plus.google.com/u/0/103423238187966752054/posts] Pinterest Username [none] Instagram Username [none]